Analisis Kelayakan Usaha Kerupuk Rambak Produksi UD Anugrah Kabupaten Jember Dengan Menggunakan Pendekatan Decision Support System (DSS)

Safitri, Bella Dwi (2024) Analisis Kelayakan Usaha Kerupuk Rambak Produksi UD Anugrah Kabupaten Jember Dengan Menggunakan Pendekatan Decision Support System (DSS). Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstract)
Abstract.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (156kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (286kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (381kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

UD. Anugrah merupakan salah satu usaha di bidang agroindustri pengolahan dari kulit sapi kering yang terletak di Jalan Udang Windu No.23 Kelurahan Mangli, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember. Adapun modal dari pemilik usaha ini bernama Bapak Lukman dalam bentuk inventarisasi dan uang tunai. Meskipun UD. Anugrah memiliki potensi pengembangan usaha pengolahan kulit sapi kering menjadi kerupuk rambak, namun memiliki beberapa permasalahan. Dalam menjawab permasalahan, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengembangan usaha kerupuk rambak di UD. Anugrah yang ditinjau dari aspek finansial, dan non finansial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada aspek hukum memiliki legalitas usaha diantaranya TDP (Tanda Daftar Perusahaan) No. 13.075.152.0934. Pada hasil aspek pemasaran, aspek produksi, aspek manajemen dan sumber daya manusia dan lingkungan berdasarkan output skoring menunjukkan bahwa secara keseluruhan berada pada posisi layak dikembangkan/feasible dengan ilustrasi berwarna kuning dengan kelayakan sedang. Pada hasil aspek finansial yang meliputi NPV sebesar Rp. 3.551.259.319,57, Net B/C Ratio sebesar 3,78, BEP kuantitas sebesar 647,79, BEP penjualan sebesar Rp. 21.694.308,62, PP sebesar 1,85, PI sebesar 22,96 dan IRR sebesar 58,43 yang berada pada tingkat layak. Berdasarkan hasil analisis pendekatan Decision Support System (DSS UMKM version 2.0) menunjukkan bahwa penilaian kinerja pada setiap aspek secara keseluruhan menyatakan UD. Anugrah layak untuk dikembangkan/feasible.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorRetnowati, NaningNIDN0024018302
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Usaha, UD. Anugrah, DSS
Subjects: 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 576 - Manajemen Industri
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D4 Manajemen Agroindustri > Tugas Akhir
Depositing User: Bella Dwi Safitri
Date Deposited: 12 Jun 2024 01:14
Last Modified: 12 Jun 2024 01:15
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/32741

Actions (login required)

View Item View Item