Manajemen Pelayanan Vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) Booster pada Sapi Perah di Koperasi Agro Niaga Jabung Syariah (KAN Jabung)

Octaviani, Wanda Tita (2023) Manajemen Pelayanan Vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) Booster pada Sapi Perah di Koperasi Agro Niaga Jabung Syariah (KAN Jabung). [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (59kB)
[img] Text (Bab 1 pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (126kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (122kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Koperasi Agro Niaga Jabung Syariah (KAN Jabung) merupakan KUD yang berkembang dari waktu - kewaktu hingga sekarang memiliki ±2434 anggota yang tergabung, dengan ±1500 anggota yang aktif setor susu di koperasi. Koperasi Agro Niaga Jabung Syariah (KAN Jabung) terdapat beberapa divisi, salah satunya yaitu divisi produksi. Di dalam divisi produksi ada pelayanan kesehatan hewan yang merupakan salah satu dari pelayanan yang diberikan untuk membantu anggota peternak Koperasi Agro Niaga Jabung Syariah dalam manajemen kesehatan ternak dan menjaga performa sapi perah agar produksi tetap stabil Adapun tujuan umum dari kegiatan magang ini adalah untuk meningkatkan wawasan dan pemahaman mahasiswa di bidang peternakan sapi perah yang dilakukan di industri terutama pada manajemen pemeliharaan dan kesehatan ternak. Melatih mahasiswa agar mampu bekerja mandiri, terampil, dan lebih kritis terhadap perbedaan atau kesenjangan yang dijumpai di lapangan dengan yang diperoleh di bangku kuliah. Sedangkan untuk tujuan khusus kegiatan magang ini adalah untuk melakukan pelayanan vaksinasi Penyakit Mulut dan Kaki (PMK) booster pada ternak milik anggota peternak di Koperasi Agro Niaga Jabung Syariah. Kegiatan umum yang dilakukan saat magang di Koperasi Agro Niaga Jabung Syariah yaitu meliputi program kebuntingan untuk meningkatkan efisiensi reproduksi ternak, program vaksinasi untuk mencegah timbulnya penyakit pada ternak, pelayanan kesehatan untuk menangani dan mengobati ternak yang sakit, penyuluhan pada peternak, serta melakukan manajemen pemeliharaan di kandang Rearing. Pada September 2022 kasus Penyakit Mulut dan Kuku terselesaikan dengan catatan belum sembuh total. Maka dari itu perlunya dilakukannya vaksinasi tahap vi 2, dan vaksinasi booster. Vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) Booster pada sapi perah merupakan usaha lanjutan yang dilakukan guna untuk memperkuat kekebalan tubuh pada sapi perah dan mencegah terjadinya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang lebih parah. Selain itu juga sebagai pelindung untuk memperkecil resiko gejala yang timbul apabila serangan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada ternak terjadi lagi. Dalam tahap pelaksanaan vaksinasi perlu memperhatikan standart operasional prosedur guna meminimalisir dampak negatif yang ditimbulkan. Vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku yang telah dilakukan dengan beberapa tahapan yang sesuai standar operasional prosedur vaksinasi pada umumnya, dengan total populasi ternak yang sudah divaksinasi yaitu berjumlah 7.375 ekor. Setelah vaksinasi, kegiatan lain yang dilakukan yaitu pemasangan eartag, pencatatan populasi dan pemberian vitamin B kompleks sebagai pendamping vaksinasi. Kegiatan magang dalam melaksanakan pelayanan vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) Booster di laksanakan mulai tanggal 5 Agustus sampai dengan 20 September 2023 di Koperasi Agro Niaga Jabung, Malang, Kode pos 65155.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorNurkholis, NurkholisNIDN0003017805
Uncontrolled Keywords: Manajemen, vaksinasi, PMK, sapi perah
Subjects: 200 - Rumpun Ilmu Hewani > 210 - Ilmu Peternakan > 216 - Produksi Ternak
200 - Rumpun Ilmu Hewani > 210 - Ilmu Peternakan > 221 - Sain Veteriner
Divisions: Jurusan Peternakan > Prodi D3 Produksi Ternak > PKL
Depositing User: Wanda Tita Octaviani
Date Deposited: 07 Jun 2024 03:49
Last Modified: 07 Jun 2024 03:50
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/32682

Actions (login required)

View Item View Item