Proses Fabrikasi Bejana Tekan (Pressure Vessel) Berfokus Pada Pembuatan Head Dan Shell Di PT Boma Bisma Indra (Persero) Pasuruan

Wahyudianto, Rama Arya (2023) Proses Fabrikasi Bejana Tekan (Pressure Vessel) Berfokus Pada Pembuatan Head Dan Shell Di PT Boma Bisma Indra (Persero) Pasuruan. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (341kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1. Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (439kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (261kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan lengkap.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

PT Boma Bisma Indra (Persero) Pasuruan merupakan perusahaan BUMN Indonesia yang bergerak pada industri manufaktur. Salah satu produk utama dari dari perusahaan ini adalah pressure vessel yang sudah dikenal secara internasional dengan berbagai macam bentuk dan kofigurasinya. Pressure vessel atau yang bisa disebut bejana tekan merupakan wadah tertutup yang digunakan untuk menyimpan fluida bertekanan baik cair maupun gas yang banyak digunakan pada industri proses, kilang minyak dan pembangkit daya. Terdapat komponen utama penyusun pressure vessel ini adalah head dan shell. Kedua komponen ini merupakan penyusun bentuk dasar dari pressure vessel dan berfungsi sebagai dinding tampung yang berkontak langsung dengan isi dari produk pressure vessel. Dalam proses pembuatannya, head dan shell melalui serangkaian proses fabrikasi yang harus dilaksanakan. Beberapa prosesnya yaitu material verification, marking, forming, assembly head dan shell. Dari setiap proses fabrikasinya, PT Boma Bisma Indra (Persero) sangat memperhatikan standart pelaksanaan proses dan ketelitiannya. Hal ini dikarenakan tidak sesuainya proses fabrikasi dan kurangnya kepresisian dari kedua komponen ini sangat berpengaruh pada tahap assembly head dan shell yang dapat mengakibatkan kurangnya kualitas dan durability dari pressure vessel tersebut. Setelah keseluruhan proses forming pada komponen head, didapatkan hasil inspeksi penyesuaian dimensi dan kepresisian oleh divisi QC (Quality Control) menggunakan metode VT/DT (Visual Test and Dimention Test) dengan hasil penandaan OK. Serta pada komponen shell didapatkan hasil VT/DT (Visual Test and Dimention Test) dengan hasil penandaan OK. Dan komponen head dan shell dapat dilanjutkan pada proses assembly.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorBudiprasojo, AzamataufiqNIDN198408112014041001
Uncontrolled Keywords: Pressure Vessel, PT.BBI, Head, Shell
Subjects: 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 430 - Ilmu Keteknikan Industri > 431 - Teknik Mesin (dan Ilmu Permesinan Lain)
Divisions: Jurusan Teknik > Prodi D4 Mesin Otomotif > PKL
Depositing User: Rama Arya Wahyudianto
Date Deposited: 11 Jun 2024 01:21
Last Modified: 11 Jun 2024 01:22
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/32673

Actions (login required)

View Item View Item