Sistem Kontrol Kadar Ph Dan Nutrisi Pada Tanaman Hidroponik Sawi Samhong Bebasis Internet Of Things (Iot)

Muhammad Thoriq, Fakhruddin (2020) Sistem Kontrol Kadar Ph Dan Nutrisi Pada Tanaman Hidroponik Sawi Samhong Bebasis Internet Of Things (Iot). Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
06. RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (86kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
11. BAB 1. PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (89kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (205kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
E32170779_LAPORAN LENGKAP_TA.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Greenhouse atau yang lebih dikenal dengan kumbung di Indonesia secara umum dapat di definisikan sebagai bangunan kontruksi yang berfungsi untuk menghindari dan manipulasi kondisi lingkungan agar tercipta kondisi yang dikehendaki dalam pemeliharaan tanaman dan nantinya tanaman akan lebih terkontrol dan pertumbuhan akan lebih maksimal dibandingkan dengan tanaman yang dibudidayakan di luar Greenhouse, namun pembangunan Greenhouse belum sepenuhnya disesuaikan dengan iklim di tempat membangun Greenhouse tersebut. Perkembangan teknologi dalam bidang pertanian semakin tahun semakin pesat. Salah satunya adalah teknologi hidroponik yang layak untuk disebarluaskan. Pada umumnya metode hidroponik yang dilakukan menggunakan media air. Pengontrolan nutrisi, suhu air, volume air nutrisi, suhu lingkungan, pH dan kelembapan untuk sistem hidroponik masih dilakukan secara konvensional atau manual. Dengan menggunakan teknologi Internet of Things (IoT) pengontrolan nutrisi, suhu air, volume air nutrisi, suhu lingkungan, pH dan kelembapan dapat dilakukan secara otomatis. Penelitian ini bertujuan untuk membuat sistem kontrol kadar nutrisi dan pH pada tanaman hidroponik menggunakan teknologi Internet of Things sebagai media untuk menyimpan data kadar pH dan nutrisi pada tanaman hidroponik. Dengan teknologi IoT data sensor dapat disimpan di database sehingga dapat diketahui riwayat datanya. Proses pengontrolan kadar pH dan nutrisi juga dapat dilakukan dari jarak jauh

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDYogiswara, YogiswaraNIDN 0029097005
Subjects: 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 455 - Teknik Kendali (atau Instrumentasi dan Kontrol)
Divisions: Perpustakaan > Tugas Akhir > Diploma
Depositing User: Riza Nuraini Octavia
Date Deposited: 05 Jun 2024 02:07
Last Modified: 05 Jun 2024 02:07
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/32629

Actions (login required)

View Item View Item