Perbandingan Penggunaan Mata Tunas Batang Atas Terhadap Pertumbuhan Bibit Tebu (Saccharum Officinarum l.) Bud Set Varietas Bululawang Dan Vmc 86-550

Muhimmatul, Marhen Dinata (2020) Perbandingan Penggunaan Mata Tunas Batang Atas Terhadap Pertumbuhan Bibit Tebu (Saccharum Officinarum l.) Bud Set Varietas Bululawang Dan Vmc 86-550. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstrak)
7. A32170760 ABSTRAK.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (32kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
14. BAB 1. PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (35kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (95kB)
[img] Text (Laporan Akhir Lengkap)
21. A32170760 LAPORAN AKHIR LENGKAP.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (773kB) | Request a copy

Abstract

Tebu (Saccharum officinarum L.) merupakan tanaman perkebunan yang termasuk tanaman semusim dan tergolong famili rumput-rumputan. Permasalahan yang sering muncul pada budidaya tebu yaitu penyiapan bibit dan kualitas bibit tebu. Pembibitan bud set akan menghasilkan pertumbuhan yang seragam dan jumlah anakan yang lebih banyak. Penggunaan posisi mata tunas yang terletak pada ruas bagian atas dan belum berwarana akan berkecambah lebih cepat daripada ruas bagian bawah. Penggunaan varietas tebu dapat berpengaruh pada pertumbuhan vegetatif dan generatif tanaman. Varietas Bululawang merupakan varietas masak tengah-lambat yang memiliki potensi produksi dan rendemen cukup tinggi. Varietas VMC 86-550 merupakan varietas baru dan unggul dengan tingkat kemasakan pada awal-tengah dan rendemen dapat mencapai 10%. Kegiatan Tugas Akhir ini dilaksanakan di lahan Desa Antirogo, Kecamatan Sumbersari, Kabupaten Jember pada bulan Maret-Mei 2020 yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan pertumbuhan bibit tebu bud set terhadap penggunaan mata tunas batang atas pada varietas tebu Bululawang dan VMC 86-550. Kegiatan ini menggunakan perhitungan uji t-test dengan 2 perlakuan yaitu varietas Bululawang dan varietas VMC 86-550. Hasil Tugas Akhir ini menunjukkan berbeda tidak nyata (non signifikan) pada parameter daya kecambah dan jumlah anakan, parameter tinggi bibit menunjukkan berbeda sangat nyata (sangat signifikan), parameter jumlah daun menunjukkan berbeda nyata (signifikan). Penggunaan mata tunas batang atas terhadap pertumbuhan bibit tebu bud set varietas Bululawang cenderung lebih baik dibandingkan dengan varietas VMC 86-550.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDDian, HartatieNIDN0031106602.
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 180 - Ilmu Sosiologi Pertanian > 181 - Sosial Ekonomi Pertanian
Divisions: Perpustakaan > Tugas Akhir > Diploma
Depositing User: Riza Nuraini Octavia
Date Deposited: 05 Jun 2024 01:54
Last Modified: 05 Jun 2024 01:54
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/32628

Actions (login required)

View Item View Item