Penerapan Manajemen Rantai Pasok (Supply Chain) Susu Pasteurisasi pada Susu Olahan JabMilk Koperasi Produsen Agro Niaga Jabung Kabupaten Malang

Ditawati, Melisa (2024) Penerapan Manajemen Rantai Pasok (Supply Chain) Susu Pasteurisasi pada Susu Olahan JabMilk Koperasi Produsen Agro Niaga Jabung Kabupaten Malang. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (RINGKASAN)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (11kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (139kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (67kB)
[img] Text (LAPORAN LENGKAP)
D41200137_MELISA_DITAWATI_LAPORAN MAGANG.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Program Magang yaitu suatu kegiatan yang dilakukan mahasiswa dengan bekerja langsung di suatu instansi atau perusahaan, yang diharapkan dapat memberikan pengalaman kerja bagi mahasiswa untuk belajar dan meningkatkan keterampilan di dunia kerja. Tujuan khusus dilakukannya kegiatan magang ini adalah untuk menerapkan, mengidentifikasi permasalahan serta memberikan solusi mengenai Penerapan Manajemen Rantai Pasok (Supply Chain) Susu Pasteurisasi pada Susu Olahan JabMilk Koperasi Produsen Agro Niaga Jabung Kabupaten Malang. Koperasi Produsen Agro Niaga Jabung merupakan salah satu Perusahaan yang bergerak dalam bidang agroindustri yaitu dibidang peternakan dan retail. Salah satu unit yang ada pada Koperasi Produsen Agro Niaga Jabung yaitu Susu Olahan, selain memproduksi susu olahan juga akan mendistribusikan kepada konsumen melalui supplier, retail, dan outlet. Rantai pasok pada Susu Olahan Koperasi Agro Niaga Jabung terdiri dari tiga aliran, yaitu aliran barang, aliran finansial dan aliran informasi. manajemen rantai pasok yang diterapkan oleh Perusahaan terdiri dari merancang produk baru (product development), pengadaan bahan baku (procurement), perencanaan produksi dan pengendalian (planning and control), produksi (production) dan pengiriman (distribution). Faktor-faktor yang mempengaruhi kelancaran aliran rantai pasok dipengaruhi oleh terjalinnya hubungan dan terciptanya rasa kepercayaan antar pelaku pada tiap mata rantai, persediaan produk yang selalu ada untuk memenuhi permintaan konsumen pada waktu dan tempat yang tepat serta permintaan konsumen yang menjadi tonggak terjadinya arus aliran pada rantai pasok. Hasil laporan magang menunjukkan pada penerapan rantai pasok Susu Olahan terdapat beberapa kendala yang disebabkan oleh beberapa faktor, sehingga didapatkan beberapa alternatif solusi yang terdiri dari man (manusia) Pemberian edukasi dan evaluasi secara berkala, membuat peramalan (forecasting) produksi, methode (metode) melakukan pendataan stok secara rinci dan berkala, menyimpan produk sesuai dengan kapasitas penyimpanan, material : melakukan pengecekan setiap bahan baku yang masuk dari supplier, machine pembenahan secara manual saat cup tidak presisi.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorGemaputri, Ariesia Ayuning GNIDN0010048206
Uncontrolled Keywords: Manajemen Rantai Pasok, Supply Chain, Susu Pasteurisasi
Subjects: 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 576 - Manajemen Industri
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D4 Manajemen Agroindustri > PKL
Depositing User: Melisa Ditawati
Date Deposited: 05 Jun 2024 01:03
Last Modified: 05 Jun 2024 01:03
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/32607

Actions (login required)

View Item View Item