Efektivitas Pemberian Pupuk Hayati Petrobio Terhadap Pertumbuhan Dan Hasil Tanaman Kubis Bunga (Brassica Oleracea Var. Botrytis l.)

Dwi Lestari, Rizke Agustin (2020) Efektivitas Pemberian Pupuk Hayati Petrobio Terhadap Pertumbuhan Dan Hasil Tanaman Kubis Bunga (Brassica Oleracea Var. Botrytis l.). Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
07. RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (357kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
13. BAB 1. PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (366kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (357kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
20. A31170336_LAPORAN LENGKAP.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pada era globalisasi saat ini tidak hanya teknologi yang semakin berkembang, akan tetapi pola pikir masyarakat pun semakin berkembang. Masyarakat saat ini mulai sadar akan pentingnya pemenuhan kebutuhan gizi pada tubuh, hal ini dapat terpenuhi jika kita mengkonsumsi sayuran dan buah – buahan. Sayuran memiliki banyak kandungan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Sayuran terdapat berbagai macam mulai dari sayuran buah, sayuran daun, sayuran umbi, dan sayuran bunga. Salah satu sayuran yang kaya akan manfaat adalah kubis bunga yang merupakan sayuran yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pemberian pupuk Petrobio terhadap pertumbuhan dan hasil kubis bunga (Brassica oleracea var. botrytis L.). Penelitian dilaksanakan pada bulan Juni sampai September 2019 di lahan Jambuan Politeknik Negeri Jember. Metode yang diterapkan dalam Proyek Usaha Mandiri (PUM) ini adalah dengan melakukan budidaya kubis bunga varietas PM 126 F1 pada lahan 400m2 yang dibagi menjadi dua bagian, yaitu lahan perlakuan dan lahan kontrol, kemudian dibuat bedengan dengan keseluruhan populasi dalam 400m² sebanyak 1.036 tanaman, jumlah sampel yang diamati pada setiap luasan sebanyak 35 tanaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pupuk hayati Petrobio parameter pertumbuhan tinggi tanaman tidak berbeda nyata saat umur tanaman 14 HST dan 21 HST, sedangkan saat umur tanaman 28 HST berbeda sangat nyata. Parameter jumlah daun berbeda nyata pada umur 14 HST dan 21 HST, tetapi tidak berbeda nyata saat umur tanaman 28 HST. Parameter hasil kubis bunga, yaitu diameter bunga, berat bunga per sampel dan berat bunga per bedeng berbeda sangat nyata pada saat kubis bunga dipanen saat tanaman berumur 55 HST.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDWihartiningsih, NinekNIDN0010105506
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 180 - Ilmu Sosiologi Pertanian > 181 - Sosial Ekonomi Pertanian
Divisions: Perpustakaan > Tugas Akhir > Diploma
Depositing User: Riza Nuraini Octavia
Date Deposited: 03 Jun 2024 03:07
Last Modified: 03 Jun 2024 03:07
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/32545

Actions (login required)

View Item View Item