Revitalization Of Community Livelihood Officer Of Peatland Restoration Di Badan Restorasi Gambut Dan Mangrove Provinsi Kalimantan Selatan

Maulana, Faiz Bilhaqqi Ridlo (2023) Revitalization Of Community Livelihood Officer Of Peatland Restoration Di Badan Restorasi Gambut Dan Mangrove Provinsi Kalimantan Selatan. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (8kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (128kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (6kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (19MB) | Request a copy

Abstract

Magang bersertifikat adalah bagian dari program Kampus Merdeka untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa belajar dan mengembangkan diri melalui aktivitas di luar kelas perkuliahan. Program Magang Bersertifikat, mahasiswa akan mendapatkan pengalaman kerja di industri / dunia profesi nyata selama 1 semester. Pembelajaran langsung di tempat kerja mitra magang, mahasiswa akan mendapatkan hard skill maupun soft skill agar lebih berkompeten untuk memasuki dunia kerja dan karirnya. Salah satu mitra yang bekerja sama dalam program Magang dan Studi Independent Bersertifikat (MSIB) adalah Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM). Badan Restorasi Gambut dan Mangrove Republik Indonesia adalah lembaga nonstruktural yang berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Presiden. BRGM bertugas memfasilitasi percepatan pelaksanaan restorasi gambut dan peningkatan kesejahteraan masyarakat pada areal restorasi gambut serta melaksanakan percepatan rehabilitasi mangrove di provinsi, salah satunya di Kalimantan Selatan. MSIB di BRGM RI terdapat program 3R restorasi gambut yaitu rewetting (pembasahan kembali), revegetation (penanaman kembali), revitalization (peningkatan kesejahteraan). Program Badan Restorasi Gambut dan Mangrove merupakan program yang menjadi fokus dalam memulihkan kerusakan lahan gambut yaitu rewetting atau pembasahan dengan membangun sumur bor dan pembuatan sekat kanal, revegetasi melalui kegiatan penanaman kembali serta revitalisasi melalui kegiatan meningkatkan ekonomi masyarakat desa dikawasan gambut. Program kerja Revitalization of Community Livelihood Officer of Peatland Restoration memiliki sektor fokus pada penghidupan berkelanjutan masyarakat setempat. Upaya yang diterapkan tidak hanya berdampak pada lingkungan tetapi pada kesejahteraan ekonomi dan sosial masyarakat.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorPantaya, DadikNIDN0017106705
Uncontrolled Keywords: kata kunci : Revitalisasi,kampus merdeka, magang bersertifikat, BRGM RI.
Subjects: 200 - Rumpun Ilmu Hewani > 210 - Ilmu Peternakan > 212 - Sosial Ekonomi Perternakan
200 - Rumpun Ilmu Hewani > 210 - Ilmu Peternakan > 215 - Pembangunan Peternakan
550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 560 - Ilmu Ekonomi > 561 - Ekonomi Pembangunan
Divisions: Jurusan Peternakan > Prodi D4 Manajemen Bisnis Unggas > PKL
Depositing User: Faiz Bilhaqqi Ridlo Maulana
Date Deposited: 29 May 2024 07:36
Last Modified: 29 May 2024 07:37
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/32293

Actions (login required)

View Item View Item