Analisis Sentimen Review Pelanggan UMKM Seblak Preanger Di Kabupaten Jember

Agustina, Dwi (2024) Analisis Sentimen Review Pelanggan UMKM Seblak Preanger Di Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan / Abstract)
Abstract.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (8kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab I Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (320kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (139kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
E41200583_Dwi_Agustina_Skripsi_Upload.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sentimen review pengunjung terhadap Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Seblak Preanger menggunakan metode klasifikasi Naive Bayes. Review pengunjung diambil dari platform Google Maps sebagai sumber data untuk mengevaluasi respons pelanggan terhadap produk dan layanan UMKM Seblak Preanger. Metode Naive Bayes Classifier dipilih sebagai alat analisis sentimen karena metode ini cenderung efektif pada dataset dengan jumlah fitur yang tinggi. Hal ini membuatnya cocok untuk aplikasi di mana jumlah atribut (fitur) dalam data sangat besar, seperti dalam analisis teks atau klasifikasi dokumen. Proses analisis sentimen melibatkan tahap pra-pemrosesan data, di mana ulasan diekstrak dan diubah menjadi format yang dapat diolah. Selanjutnya, model Naive Bayes Classifier dilatih dengan menggunakan data latih yang mencakup 80% dari total data, dan diuji dengan data uji yang mencakup 20% sisanya. Evaluasi dilakukan dengan memeriksa akurasi, Precision, Recall, dan f1-score sebagai metrik kinerja model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Naive Bayes Classifier dapat menghasilkan nilai akurasi sebesar 89.09%, Precision sebesar 89%, Recall sebesar 89%, dan f1-score sebesar 89%. Pembagian data latih dan uji sebesar 80% dan 20% memberikan kontribusi positif terhadap performa model dalam mengklasifikasikan sentimen pengunjung

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorDwi P, TrismayantiNIDN0027029002
Uncontrolled Keywords: Analisis Sentimen, Review, Naive Bayes, Google Maps
Subjects: 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 457 - Teknik Komputer
410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 458 - Teknik Informatika
410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 459 - Ilmu Komputer
410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 461 - Sistem Informasi
410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 462 - Teknologi Informasi
410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 463 - Teknik Perangkat Lunak
500 - Rumpun Ilmu Bahasa > 510 - Ilmu Sastra (dan Bahasa) Indonesia dan Daerah > 512 - Sastra (dan Bahasa) Indonesia
550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 560 - Ilmu Ekonomi > 561 - Ekonomi Pembangunan
Divisions: Jurusan Teknologi Informasi > Prodi D4 Teknik Informatika > Tugas Akhir
Depositing User: Dwi Agustina
Date Deposited: 29 May 2024 01:44
Last Modified: 29 May 2024 01:44
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/32038

Actions (login required)

View Item View Item