Perbandingan Susut Transportasi Antara Sapi Brahman Cross (Bx) Jenis Steer Dan Heifer (Studi Kasus Di Pt Catur Mitra Taruma Bogor Jawa Barat)

Burhanudin, Ahmad Hisyam (2020) Perbandingan Susut Transportasi Antara Sapi Brahman Cross (Bx) Jenis Steer Dan Heifer (Studi Kasus Di Pt Catur Mitra Taruma Bogor Jawa Barat). Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
07. RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (156kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
13. BAB 1. PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (145kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (165kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
C31170413_LAPORAN LENGKAP_TA.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Transportasi hewan merupakan proses pemindahan ternak oleh satu atau lebih alat transportasi termasuk pemuatan (loading), pergerakan, istirahat, sampai penurunan (unloading) hewan di tempat tujuan. Penyebab utama penyusutan adalah faktor stres. Stres merupakan respon fisiologis, psikologis dan perilaku dari makhluk hidup yang mencoba untuk beradaptasi dan mengatur tekanan internal dan eksternal. Penelitian bertujuan untuk mengetahui perbedaan tingkat susut transportasi antara sapi Brahman Cross steer dan heifer di PT Catur Mitra Taruma dan membandingkan susut transportasi antara sapi Brahman Cross steer dan heifer di PT Catur Mitra Taruma. Studi kasus ini dilaksanakan pada bulan September 2019 yang bertempat di PT Catur Mitra Taruma di Bogor Jawa Barat. Alat yang digunakan pada penelitian ini adalah komputer untuk megetahui selisih antara bobot timbangan di pelabuhan dan di feedlot, timbangan khusus untuk truk, printer untuk mencetak hasil timbangan, dan alat tulis untuk menulis hasil dari penelitian. Bahan yang digunakan dalam studi kasus ini diantaranya berupa 20 truk yang mengangkut 253 ekor sapi BX jenis steer dan heifer yang mana 10 truk mengangkut sapi BX jenis steer berjumlah 129 ekor dan 10 truk lagi mengangkut sapi BX jenis heifer berjumlah 124 ekor. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, susut yang dialami sapi BX jenis steer sebesar 14,88 (0,35%) kg sedangkan sapi BX jenis heifer mengalami susut sebesar 10,24 kg (0,25%). Perbedan susut bobot badan sapi BX antara sapi jenis steer dan sapi jenis heifer diakibatkan oleh perbedaan tingkat agresifitas antara keduannya. Tingkat agresifitas sapi jenis steer lebih tinggi dibanding sapi jenis heifer yang mengakibatkan gerakan yang berlebihan pada saat pengangkutan atau pada saat transportasi dilakukan yang mengakibatkan sapi viii jenis steer mengalami kelelahan dan kehilangan cairan dan stres sehingga sapi jenis steer mengalami susut yag lebih banyak dibandingkan sapi jenis heifer. Sebaiknya pengiriman sapi BX jenis steer diberi perlakuan khusus yaitu dengan pemberian skat pada bak truk yang bertujuan untuk mengurangi ruang gerak sapi dikarenakan sapi BX jenis steer memiliki tingkat agresifitas yang tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDSubagja, HariadiNIDN 0013127002
Divisions: Jurusan Peternakan > Prodi D3 Produksi Ternak > Tugas Akhir
Depositing User: Riza Nuraini Octavia
Date Deposited: 15 May 2024 08:38
Last Modified: 15 May 2024 08:39
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/32017

Actions (login required)

View Item View Item