Analisis Perbandingan Algoritma k-Means Dan Fuzzy k-Means Untuk Clustering Hasil Proses Pembelajaran Siswa

Rani, Dayu Agastya (2020) Analisis Perbandingan Algoritma k-Means Dan Fuzzy k-Means Untuk Clustering Hasil Proses Pembelajaran Siswa. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstrak)
7. ABSTRAK.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (8kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
14. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (100kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (187kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
21. E41161854_LAPORAN_LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Hasil dari suatu proses pembelajaran merupakan faktor utama dalam menentukan mutu pendidikan. Untuk itu proses pembelajaran sangat berpengaruh terhadap peningkatan kualitas pendidikan. SMK Negeri 2 Jember adalah salah satu lembaga pendidikan formal yang wajib melakukan evaluasi pembelajaran yang bertujuan untuk mencapai mutu pendidikan. Melihat pentinganya hal tersebut pemanfaatan teknologi dapat berperan untuk membantu para pendidik untuk melakukan evaluasi. Sehingga dilakukan suatu penelitian dengan menggunakan algoritma K-Means dan Fuzzy K-Means sebagai perbandingan untuk clustering hasil dari proses pembelajaran siswa. Sistematika perhitungan yang dilakukan menggunakan data siswa di semester 1- 6 pada masing-masing mata pelajaran. Selanjutnya hasil perhitungan dari setiap algoritma akan dianalisis menggunakan metode Davies Bouldin Index untuk menentukan algoritma mana yang memberikan hasil akurasi terbaik dalam clustering data siswa. Didalam analisa kedua algoritma terdapat 3 skenario pengujian yang didasarkan pada jumlah sampel, jumlah cluster, dan titik centroid. Berdasarkan tahapan yang telah dilakukan algoritma Fuzzy K-Means memiliki tingkat akurasi yang lebih baik pada K= 3 dengan nilai 0,46406 dibandingkan dengan K-Means padaK=3 dengan nilai 0,44683 dalam objek penelitian menggunaka data hasil proses pembelajaran siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorAyuninghemi, RatihNIDN0702088601
Subjects: 710 - Rumpun Ilmu Pendidikan > 780 - Ilmu Pendidikan Teknologi dan Kejuruan > 788 - Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Divisions: Jurusan Teknologi Informasi > Prodi D4 Teknik Informatika > Tugas Akhir
Depositing User: Riza Nuraini Octavia
Date Deposited: 13 May 2024 05:09
Last Modified: 13 May 2024 07:52
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/31949

Actions (login required)

View Item View Item