Studi Performa Broiler Kapasitas Kandang 10 Ekor/M2 Pada Kandang Sistem Semi Closed House Di PT. Surya Inti Ternak Indonesia Malang

Ramadhani, Nabil Farhan (2024) Studi Performa Broiler Kapasitas Kandang 10 Ekor/M2 Pada Kandang Sistem Semi Closed House Di PT. Surya Inti Ternak Indonesia Malang. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (9kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (13kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (224kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kandang sistem semi closed house merupakan suatu inovasi dalam pengelolaan peternakan modern yang dirancang untuk meningkatkan kesejahteraan ternak dan efisiensi produksi. Dalam konsep ini, kandang dirancang sedemikian rupa untuk memberikan kontrol yang lebih baik, namun tidak sepenuhnya terisolasi dari lingkungan eksternal. Kandang semi closed house merupakan perpaduan kandang setengah terbuka dan setengah tertutup. Kandang ini memiliki struktur luaran kandang open house seperti menggunakan bambu atau kayu daripada dinding alumunium seperti kandang closed house. Keunggulan kandang semi closed house di antaranya adalah iklim mikro dalam kandang sama dengan kandang closed house, namun biaya konstruksi kandang jauh lebih murah di bandingkan kandang closed house. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui performa broiler dengan kapasitas kandang 10 ekor/m2 pada kandang sistem semi closed house yang dipelihara oleh peternak broiler di kemitraan PT. Surya Inti Ternak Indonesia Malang. Data primer diperoleh dari pengamatan dan wawancara kepada petugas kandang, penelitian ini hanya menggunakan satu kandang, yaitu pada broiler yang diperlakukan dengan menggunakan sistem kandang semi closed house dengan ditunjang oleh data-data sekunder yang diperoleh melalui hasil wawancara, sedangkan alat-alat yang digunakan antara lain thermohygrometer untuk mengukur suhu dan kelembapan, timbangan digital untuk menimbang Day Old Chick (DOC) broiler, kalkulator untuk menghitung, alat tulis untuk mencatat, tempat pakan dan minum broiler, dan jumlah ayam 9.000 ekor. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa pemeliharaan broiler dengan program kepadatan 10 ekor/m2 pada kandang semi closed house selama pemeliharaan 5 minggu diperoleh bahwa konsumsi selama pemeliharaan adalah sebesar 3,194.05 gram/ekor dan pertambahan bobot badan yang yang dihasilkan adalah sebesar 2,070 gram/ekor, sedangkan nilai konversi pakan yang dihasilkan adalah sebesar 1.54.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorKustiawan, ErfanNIDN009097601
Uncontrolled Keywords: Performa Broiler, Closed House, Peternakan Modern,
Subjects: 200 - Rumpun Ilmu Hewani > 210 - Ilmu Peternakan > 216 - Produksi Ternak
Divisions: Jurusan Peternakan > Prodi D3 Produksi Ternak > Tugas Akhir
Depositing User: Nabil Farhan Ramadhani
Date Deposited: 13 May 2024 02:30
Last Modified: 13 May 2024 02:30
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/31914

Actions (login required)

View Item View Item