Pengaruh Vernalisasi dan Konsentrasi GA3 Terhadap PertumbuhanVegetatif dan Generatif Bawang Merah Varietas Biru Lancor (AlliumAscalonicum L.)

Arif, Ana Qofifah (2020) Pengaruh Vernalisasi dan Konsentrasi GA3 Terhadap PertumbuhanVegetatif dan Generatif Bawang Merah Varietas Biru Lancor (AlliumAscalonicum L.). Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstract)
07. ABSTRAK.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (33kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
14. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (96kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (165kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
A31170694_LAPORAN LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Bawang merah merupakan tanaman semusim dan bernilai ekonomi tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kombinasi perlakuanvernalisasi dengan konsentrasi GA3 terhadap pertumbuhan vegetatif dan generatif bawang merah varietas Biru Lancor (Allium ascalonicum L.) serta untukmengetahui perlakuan vernalisasi dan perlakuan konsentrasi GA3 yang palingberpengaruh terhadap pertumbuhan vegetatif dan generatif bawang merah varietasBiru Lancor (Allium ascalonicum L.). Penelitian dilaksanakan pada tanggal 21Juli 2019 sampai dengan tanggal 24 Oktober 2019, bertempat di Kebun Warga DesaAntirogo, Kecamatan Sumbersari, Kabupaten Jember pada ketinggian tempat ±89mdpl. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Rancangan AcakKelompok faktorial yang terdiri dari 2 faktor. Faktor I yaitu vernalisasi (V), terdapat 2 taraf perlakuan yaitu V0 : Tanpa Vernalisasi dan V1 : Vernalisasi. Faktor II yaitu konsentrasi GA3 (G) yang terdiri dari 4 taraf perlakuan yaitu G0 : 0ppm, G1: 50 ppm, G2 : 100 ppm, dan G3 : 150 ppm. Hasil penelitian menunjukkanbahwa kombinasi perlakuan vernalisasi dengan konsentrasi GA3 memberikanpengaruh nyata terhadap variabel pengamatan jumlah anakan umur 7 HST, pembungaan bawang merah, pembentukan kapsul, dan produksi benih botani. Perlakuan vernalisasi memberikan pengaruh nyata terhadap variabel pengamatantinggi tanaman umur 7 HST. Perlakuan konsentrasi GA3 memberikan pengaruhnyata terhadap variabel pengamatan jumlah daun umur 7-35 HST dan jumlahanakan umur 7 HST. Kombinasi perlakuan vernalisasi dan GA3 konsentrasi 50ppm mampu menghasilkan rerata tertinggi terhadap variabel pengamatanfasepertumbuhan vegetatif maupun generatif bawang merah varietas Biru Lancor (Allium ascalonicum L.).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorRahmawati, DwiNIDN0031087607
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 152 - Hortikultura
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D3 Produksi Tanaman Hortikultura > Tugas Akhir
Depositing User: Riza Nuraini Octavia
Date Deposited: 06 May 2024 02:33
Last Modified: 06 May 2024 02:33
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/31820

Actions (login required)

View Item View Item