Perbedaan Performa Produksi Sapi Limousin dan Simmental Berdasarkan Umur

Izzudin, Ma’arif Nur (2024) Perbedaan Performa Produksi Sapi Limousin dan Simmental Berdasarkan Umur. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (280kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (286kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (287kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
LAPORAN LENGKAP.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Peternakan sapi potong mempunyai peranan penting dalam penyediaan daging untuk memenuhi kebutuhan protein hewani. Selama beberapa dekade terakhir, permintaan daging sapi terus meningkat seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk dan perubahan pola konsumsi konsumen. Pengembangan peternakan sapi potong tidak hanya bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pangan yang terus meningkat seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk, namun juga menjaga kesejahteraan hewan, mengurangi dampak lingkungan dan menjamin keberlanjutan industri peternakan. Pengamatan ini bertujuan untuk mengetahui performa produksi sapi limousin dan simmental berdasarkan umur di PT. Tunas Jaya Raya Abadi. Pengamatan ini dilakukan selama 42 hari, yaitu mulai dari tanggal 26 September sampai 7 November 2023. Sapi yang digunakan dalam pengamatan ini adalah 12 ekor sapi dengan rincian 6 ekor sapi jantan simmental poel 1 (1,5-2 th) 3 ekor poel 2 (2-3 th) 3 ekor dan 6 ekor sapi jantan limmousin poel 1 (1,5-2 th) 3 ekor poel 2 (2-3 th) 3 ekor. Parameter yang diamati adalah nutrisi pakan, konsumsi pakan, pertambahan bobot badan harian (PBBH), konversi pakan dan Income Over Feed Cost (IOFC) untuk melihat jenis dan umur sapi mana yang paling efektif untuk usaha penggemukan. Data yang sudah diperoleh di analisis dengan Rancangan Acak Lengkap faktorial (RAL Faktorial) pada program IBM SPSS Statistics 24. Dari hasil pengamatan yang dilakukan menunjukkan bahwa para meter yang diamati tidak menunjukkan hasil yang signifikan (> 0,05). Pengamatan ini menunjukkan bahwa Sapi jenis Simmental menunjukkan performa yang lebih baik jika dibandingkan dengan sapi Limousin. Selain itu, dari segi umur, sapi dengan kategori poel 1 (berumur 1,5-2 tahun) menunjukkan performa yang lebih baik daripada sapi dengan kategori poel 2 (berumur 2-3 tahun). Usaha penggemukan sapi Simmental menghasilkan keuntungan yang lebih tinggi dibandingkan dengan penggemukan sapi Limousin, meskipun kedua jenis sapi tersebut dipelihara dalam waktu yang sama. Sapi Simmental berumur 1,5-2 tahun menjadi pilihan yang lebih menguntungkan untuk usaha penggemukan di PT. Tunas Jaya Raya Abadi, karena tidak hanya menawarkan performa yang lebih baik tetapi juga menghasilkan keuntungan yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan sapi lainnya

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorKusuma, Satria BudiNIDN0002069202
Uncontrolled Keywords: Performa Produksi, Sapi Limousin, pertambahan bobot badan harian (PBBH), Income Over Feed Cost (IOFC)
Subjects: 200 - Rumpun Ilmu Hewani > 210 - Ilmu Peternakan > 216 - Produksi Ternak
Divisions: Jurusan Peternakan > Prodi D3 Produksi Ternak > PKL
Depositing User: Ma'arif Nur Izzudin
Date Deposited: 03 May 2024 09:33
Last Modified: 03 May 2024 09:36
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/31772

Actions (login required)

View Item View Item