Evaluasi Kecukupan Nutrien Pakan Sapi Perah Peranakan Friesian Holstein Terhadap Produksi dan Kualitas Susu di UPT PT dan HMT BATU

Rahayu, Pipit Nor (2024) Evaluasi Kecukupan Nutrien Pakan Sapi Perah Peranakan Friesian Holstein Terhadap Produksi dan Kualitas Susu di UPT PT dan HMT BATU. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (7kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (10kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (151kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Jumlah penduduk di Indonesia yang semakin meningkat mengakibatkan bertambahnya kebutuhan zat gizi . Susu adalah sumber protein hewani yang kaya akan zat gizi. Sapi perah menghasilkan 80% susu dari hewan ada. Produksi susu sapi Indonesia masih rendah, hanya dapat memenuhi 20% dari kebutuhan masyarakat. Faktor nutrien pakan adalah penyebab rendahnya produktivitas dan kualitas susu sapi perah. Perkembangan usaha peternakan sapi perah akan lebih efisien jika peternak lebih memperhatikan persediaan pakan yang berkualitas. Faktor pakan memiliki peran penting dalam efisiensi peternakan sapi perah sehingga menghasilkan produksi susu dengan kuantitas dan kualitas yang baik. Untuk meningkatkan produksi dan kualitas susu, sangat penting untuk mengevaluasi kecukupan nutrisi pakan Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemberian pakan dan kecukupan nutrisi pada produksi dan kualitas susu di UPT PT dan HMT Batu. Penelitian ini dilakukan pada bulan Agustus di UPT PT dan HMT Batu dan tempat penampungan susu di KUD Batu, yang terletak di Jl Raya Tlekung, Desa Beji, Kecamatan Junrejo, Kota Batu. Penelitian dilakukan dengan pengamatan kegiatan dan mengumpulkan data. Pada penelitian ini menggunakan, 15 ekor sapi perah frisien Holstein dengan bobot badan 400 kg. Konsumsi pakan, produksi susu, dan kualitas susu adalah parameter yang diamati. Hasil dari pengamatan yang dilakukan adalah rata-rata konsumsi asfed sebanyak 70,95 kg, dengan total bahan kering 20,62 kg, protein kasar 3,00 kg, dan TDN (Total Digestible Nutriens) yaitu13,52. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa kandungan nutrisi pakan yang ada di UPT PT dan HMT Batu melebihi standar NRC 2001. Sehingga berpengaruh terhadap produksi dan kualitas susu. Kata kunci: NRC 2001, Nutrisi, Pakan, Sapi Perah Peranakan Frisien Holstein, Susu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorAdhyatma, M.NIDN0028019103
Uncontrolled Keywords: NRC 2001, Nutrisi, Pakan, Sapi Perah Peranakan Frisien Holstein,Susu.
Subjects: 200 - Rumpun Ilmu Hewani > 210 - Ilmu Peternakan > 216 - Produksi Ternak
200 - Rumpun Ilmu Hewani > 210 - Ilmu Peternakan > 217 - Budidaya Ternak
Divisions: Jurusan Peternakan > Prodi D3 Produksi Ternak > PKL
Depositing User: Pipit Nor Rahayu
Date Deposited: 08 May 2024 01:20
Last Modified: 08 May 2024 01:23
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/31770

Actions (login required)

View Item View Item