Wijaya, Lukman (2024) Analisis Usaha Basgor Kelang diDesa Kilensari Kecamatan Panarukan Kabupaten Situbondo. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (10kB) |
|
Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (135kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (101kB) |
|
Text (Full Text)
D31211033_Laporan Lengkap.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Basgor Kelang merupakan salah satu makanan yang terbuat dari bahan dasar tepung yang dipadukan dengan kuah ikan tongkol. Basgor Kelang memiliki harga jual yang terjangkau tetapi juma memiliki sumber protein didalamnya. Basgor Kelang merupakan suatu produk makanan yang dibuat dengan cara menvampurkan adonan tepung terigu dan tepung kanji menggunakan air dengan ditambahkan bawang putih dan penyedap rasa, dan disajikan dengan kuah ikan tongkol. Tujuan pelaksanaan tugas akhir ini adalah mengetahui dan melakukan proses produksi Basgor Kelang, mengetahui dan menganalisis usaha Basgor Kelang, melakukan pemasaran produk Basgor Kelang. Pelaksanaan tugas akhir ini dilakukan di Desa Kilensari Kecamatan Panarukan Kabupaten Situbondo yang dimulai dari tanggal 30 Juli 2023 hingga 30 November 2023. Metode analisis kelayakan usaha Basgor Kelang terdiri dari Break Event Point (BEP), Revenew Cost Ratio (R/C Ratio) dan Return On Investment (ROI). Hasil dari satu kali proses produksi Basgor Kelang membutuhkan waktu selama 2 jam, menggunakan 1 tenaga kerja dan menghasilkan sebanyak 20 produk Basgor Kelang. Hasil analisis usaha diperoleh nilai BEP (Produksi) sebesar 14,85 kemasan dari 20 kemasan, nilai BEP (Harga) sebesar Rp 4.457,87 dengan harga jual Rp 6.000, nilai R/C Ratio sebesar 1,34 dan nilai ROI sebesar 6,07%. Berdasarkan hasil analisis tersebut maka usaha Basgor Kelang dapat dikatakan menguntungkan dan layak untuk dijalankan. Bauran pemasaran produk Basgor Kelang menggunakan strategi 4P yaitu Product, Price, Place dan Promotion. Produk yang dijual yaitu Basgor Kelang, Price atau harga jual sebesar Rp 6.000, Place atau tempat pemasaran berada di daerah Situbondo dan sekitarnya, serta promosinya menggunakan media sosial WhatsApp dan Instagram.
Item Type: | Thesis (Diploma) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Basgor Kelang, Analisis Usaha | ||||||
Subjects: | 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 571 - Manajemen | ||||||
Divisions: | Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > Tugas Akhir | ||||||
Depositing User: | Lukman Wijaya | ||||||
Date Deposited: | 25 Apr 2024 07:25 | ||||||
Last Modified: | 16 Jul 2024 07:59 | ||||||
URI: | https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/31704 |
Actions (login required)
View Item |