Perendaman Benih Semangka Non Biji (Citrulus vulgaris Schard) dengan Ekstrak Pepaya untuk Pematahan Dormansi di PT. East West Seed Indonesia

Kholili, M. Zaki Ubaidillah (2023) Perendaman Benih Semangka Non Biji (Citrulus vulgaris Schard) dengan Ekstrak Pepaya untuk Pematahan Dormansi di PT. East West Seed Indonesia. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (230kB)
[img] Text (Bab 1. Pendahuluan)
Bab 1. Pendahuluan.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (217kB)
[img] Text (Full Text)
A41191839_Laporan Lengkap.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (234kB)

Abstract

Magang Kerja Industri merupakan pendidikan yang meyangkut proses belajar berdasarkan pengalaman diluar sistem belajar dibangku kuliah dan praktik di kampus. Mahasiswa secara perorangan akan mendapatkan keterampilan khusus keadaan nyata di lapang dalam bidang masing-masing. Dalam kegiatan MKI ini mahasiswa disiapkan untuk mengerjakan serangkaian tugas dalam pengelolaan produksi benih pertanian baik di lapang maupun di laboratorium untuk mengasah kemampuan mahasiswa. Kegiatan Magang Kerja Industri (MKI) dilaksanakan selama 4 bulan dimulai pada tanggal 13 Maret 2023 – 13 Juli 2023. Pelaksanaan Kegiatan Ini dilakukan di PT. East West Seed Indonesia, Jl. Basuki Rachmad No. 019, Desa Muktisari, Kecamatan Tegal Besar, Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur. Perushaan ini merupakan perusahaan produksi benih khususnya pada benih tanaman hortikultura yang ada di Indonesia dengan banyak varietas yang dikenal oleh para petani dengan merek dagang Cap Panah Merah. Kegiatan yang dilakukan selama kegiatan Magang Kerja Industri di PT. East West Seed Indonesia adalah pengujian mutu benih antara lain yaitu, mutu fisik, mutu fisiologis, dan mutu genetik. Adapun pengujian mutu fisik adalah pengujian KA, kemurnian, dan bobot 1000 butir. Pengujian mutu fisiologis sendiri dibagi menjadi 2 metode, yaitu metode UKDDP dan metode sand test. Pengujian mutu genetik dibagi menjadi 2 yaitu, metode Iso Electrical Focusing (IEF) dan Grow Out Test (GOT). Kegiatan khusus yang dilakukan adalah perendaman benih semangak non biji (Citrulus vulgaris schard) dengan ekstrak pepaya untuk pematahan dormansi. Karakteristik dari benih semangka adalah memiliki kulit yang tebal dan impermeable, sehingga perlu adanya pematahan dormansi. Standart dari perusahaan untuk pematahan dormasi pada benih semangka non biji adalah dengan cracking. Pengamatan yang dilakukan meliputi pengamatan Radicle Emergence (RE) dan pengamatan daya berkecambah (DB), serta dengan kontrol tanpa pemberian perlakuan apapun dan cracking.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorKurniasari, LeliNIDN0015078604
Uncontrolled Keywords: Pematahan Dormansi Benih Semangka non Biji
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 152 - Hortikultura
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 156 - Pemuliaan Tanaman
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D4 Teknik Produksi Benih > PKL
Depositing User: M. Zaki Ubaidillah Kholili
Date Deposited: 24 Apr 2024 06:01
Last Modified: 24 Apr 2024 06:01
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/31686

Actions (login required)

View Item View Item