Analisis Usaha Fruit Sandwich Happy dengan Whipped Cream Buah Naga di Kelurahan Sumbersari Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember

Kamilah, Ira (2024) Analisis Usaha Fruit Sandwich Happy dengan Whipped Cream Buah Naga di Kelurahan Sumbersari Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (8kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (13kB)
[img] Text (Full Text)
D31212497_Laporan Lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (133kB)

Abstract

Fruit Sandwich happy dengan whipped cream buah naga adalah sebuah olahan roti tawar dengan isian whipped cream dengan campuran buah naga sehingga menghasilkan warna yang alami dengan tambahan isian buah segar seperti jeruk, pisang dan anggur. Tujuan dari pelaksanaan tugas akhir ini adalah mampu melaksanakan proses produksi, menghitung analisis usaha dengan menggunakan metode BEP, ROI serta R/C Ratio dan dapat menerapkan bauran pemasaran 4P (Product, Price, Place, Promotion). Tugas akhir ini dilaksanakan selama lima bulan 03 Juli 2023 hingga tanggal 30 November 2023 di Kelurahan Sumbersari Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember dengan membutuhkan satu orang tenaga kerja. Inovasi dalam pengolahan fruit sandwich ini adalah penambahan buah naga pada whip cream sebagai pewarna alami buatan. Satu kali proses produksi membutuhkan waktu selama 8 jam dimulai dengan persiapan alat dan bahan sampai dengan pengemasan dan pelabelan produk dengan total produksi sebanyak 30 kemasan dengan harga jual Rp. 8.000,- per kemasan. Hasil BEP (Produksi) diperoleh sebesar 25,87 kemasan dengan total keseluruhan jumlah produksi sebesar 30 kemasan dan BEP (Harga) sebesar Rp. 6.845,66 dari harga jual yang dipasarkan yaitu sebesar Rp. 8.000 per kemasan. R/C Ratio diperoleh sebesar 1,17 dan ROI sebesar 1,16%, dari hasil yang didapatkan pada proses tersebut maka usaha ini menguntungkan dan layak untuk dijalankan. Proses pemasaran yang digunakan ada dua yaitu pemasaran secara langsung produsen ke konsumen dan secara tidak langsung produsen, perantara dan konsumen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorPongoh, Ida Adha AnrosanaNIDN0012127502
Uncontrolled Keywords: Analisis Usaha , Fruit Sandwich
Subjects: 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 571 - Manajemen
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > Tugas Akhir
Depositing User: Ira Kamilah
Date Deposited: 23 Apr 2024 02:01
Last Modified: 23 Apr 2024 02:02
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/31649

Actions (login required)

View Item View Item