Proses Penginputan Perolehan dan Pemakaian Barang Persediaan Pada Aplikasi SAKTI di Kantor Pertanahan Kabupaten Jember

Putri, Novellia Maharani (2023) Proses Penginputan Perolehan dan Pemakaian Barang Persediaan Pada Aplikasi SAKTI di Kantor Pertanahan Kabupaten Jember. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (9kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 magang.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (163kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Dapus magang.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (118kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap Magang.pdf
Restricted to Registered users only

Download (935kB) | Request a copy

Abstract

Magang adalah kegiatan belajar juga berlatih kerja dengan cara terjun langsung ke suatu perusahaan/industri/instansi dan/atau unit bisnis strategis lainnya selama beberapa waktu yang akan ditentukan oleh pihak pendidik juga dengan persetujuan pihak instansi. Program ini merupakan salah satu persyaratan untuk memenuhi kelulusan bagi mahasiswa di Politeknik Negeri Jember. Kegiatan magang dilaksanakan pada semester 7 untuk program D-IV, dan semester 5 di program D-III dan wajib mengikuti kegitan magang sebelum berakhir perkuliahannya. Pelaksaanaan program ini 20 sks di awal semester 7 dalam jangka waktu 700 jam atau setara dengan 4 bulan efektif, terhitung mulai dari bulan September 2022 dan berakhir Desember 2022. Kantor Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Jember (ATR/BPN) merupakan lembaga yang berwenang mengerjakan pendaftaran tanah yang terkait tentang peralihan hak, pemecahan tanah, penggabungan tanah, pengikatan jaminan. Kegiatan operasional secara umum dalam instansi pemerintah tidak dapat dipisahkan dari yang namanya barang persediaan. Kegiatan yang paling aktif di instansi pemerintahan adalah persediaan, karena semua kegiatan yang berjalan pastinya membutuhkan barang persediaan contoh seperti ATK, persediaan alat listrik, bahan penunjang komputer, blanko sertipikat dan sebagainya. Proses penginputan perolehan dilakukan oleh operator persediaan dengan dokumen BAST pembelian yang sebelumnya telah dibuat oleh Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), setelah itu BAST pembelian diserahkan ke operator persediaan untuk dicatat pada aplikasi SAKTI, dan menghasilkan data pembelian barang persediaan untuk divalidasi ke approval. Pencatatan pemakaian ini dilakukan oleh operator persediaan dengan dokumen BAST pemakaian yang telah dibuat oleh (PPK) yang sebelumnya PPK menerima nota dinas permintaan dari penatausahaan sub unit sebelum membuat BAST pemakaian, kemudian sama dengan pencatatan pembelian yaitu dengan mencatat BAST pemakaian pada aplikasi SAKTI, dan menghasilkan data pemakaian barang persediaan yang akan digunakan. Terakhir validasi approval agar barang persediaan yang telah dibeli segera diserahkan kepada penatausahaan sub unit yang memesan barang persediaan tersebut. Kegiatan menginput barang persediaan barang ini merupakan faktor pendukung untuk stabilitas operasional di suatu perusahaan, agar perusahaan dapat memantau dan mengetahui barang persediaan yang ada di tempat penyimpanan.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorArdhiarisca, OryzaNIDN0030109002
Subjects: 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 573 - Administrasi Keuangan (Perkantoran, Pajak, Hotel, Logistik, Dll)
Divisions: Jurusan Bisnis > Prodi D4 Akuntansi Sektor Publik > PKL
Depositing User: Novellia Maharani Putri
Date Deposited: 18 Apr 2024 09:33
Last Modified: 18 Apr 2024 09:34
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/31636

Actions (login required)

View Item View Item