Studi Penggunaan Material Limestone Pada Bedding Sapi Perah Friesian Holstein Fase Laktasi Terhadap Cow Cleanliness Score Di PT. Global Dairi Alami (GDA)

Aprilia Putri, Safira (2024) Studi Penggunaan Material Limestone Pada Bedding Sapi Perah Friesian Holstein Fase Laktasi Terhadap Cow Cleanliness Score Di PT. Global Dairi Alami (GDA). Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (13kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (70kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (143kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
LAPORAN LENGKAP.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (911kB) | Request a copy

Abstract

Studi Penggunaan Material Limestone Pada Bedding Sapi Perah Friesian Holstein Fase Laktasi Terhadap Cow Cleanliness Score Di PT. Global Dairi Alami (GDA). Safira Aprilia Putri. C31210929. 2024, 35 Halaman, Program Studi Produksi Ternak, Jurusan Peternakan, Politeknik Negeri Jember, Ibu Rizki Amalia Nurfitriani, S.Pt., M.Si. Menjaga kebersihan kandang merupakan langkah penting dalam manajemen ternak yang baik dan akan mempengaruhi terhadap kebersihan tubuh dan kesejahteraan, selain itu akan menciptakan kondisi yang sehat, kenyamanan sapi dan meningkatkan produksi dan kualitas susu. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pemakaian bedding material limestone terhadap cow cleanliness score pada bagian flank dan ekor, bagian kaki belakang dan bagian ambing pada sapi FH. Penelitian ini merupakan studi kasus di PT. Global Dairi Alami dengan metode pengumpulan data primer dilakukan dengan turun langsung ke lapang untuk melakukan pengamatan dengan menilai kebersihan sapi pada kandang yang menggunakan bedding material limestone dan bedding tanpa menggunakan material limestone lalu mengumpulkan data. Alat dan bahan yang digunakan dalam pelaksanaan yaitu berupa kertas penilaian cow cleanliness score, alat tulis dan kamera handphone dan bahan sapi friesian holstein dengan dua kandang yang berbeda dengan jumlah yang digunakan yaitu 25 ekor pada setiap kandang secara acak. Hasil perhitungan analisa data yang disajikan pada Cow Cleanliness Score bagian flank dan ekor mendapatkan nilai probabilitas pada skor bersih 0,63, skor kotor 0,84 dan skor sangat kotor 0,85 dan bagian kaki belakang mendapatkan nilai probabilitas skor bersih 0,69, skor kotor 0,58 dan skor sangat kotor 0,39. Selanjutnya pada bagian ambing mendapatkan nilai probabilitas skor bersih 0,00, skor kotor 0,03, skor sangat kotor 0,00. Penggunaan bedding material limestone memiliki pengaruh terhadap kebersihan bagian ambing pada sapi, limestone membantu untuk menjaga kebersihan dan kelembaban pada bedding, akan tetapi tidak memiliki pengaruh terhadap bagian kaki belakang dan bagian flank dan ekor dikarenakan bagian tersebut tidak memiliki intensitas tinggi bersentuhan dengan bedding. Kesimpulan dari penelitian ini hanya bagian ambing yang memiliki nilai yang signifikan atau terdapat pengaruh antara pemakaian bedding material limestone terhadap cow cleanlines score.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorNurfitriani, Rizki AmaliaNIDN0013129501
Uncontrolled Keywords: Bedding Material Limestone, Cow Cleanliness Score, PT. Global Dairi Alami
Subjects: 200 - Rumpun Ilmu Hewani > 210 - Ilmu Peternakan > 216 - Produksi Ternak
Divisions: Jurusan Peternakan > Prodi D3 Produksi Ternak > Tugas Akhir
Depositing User: Safira Aprilia Putri
Date Deposited: 05 Apr 2024 04:24
Last Modified: 05 Apr 2024 04:31
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/31539

Actions (login required)

View Item View Item