Manajemen Pemeliharaan Sapi Perah Peranakan Friesian Holstein (PFH) Fase Dara di Kandang Rearing Koperasi Agro Niaga Jabung Jawa (KAN JABUNG)

Aditya, Verdian Chandra Bayu (2023) Manajemen Pemeliharaan Sapi Perah Peranakan Friesian Holstein (PFH) Fase Dara di Kandang Rearing Koperasi Agro Niaga Jabung Jawa (KAN JABUNG). [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (565kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (522kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (498kB)
[img] Text (Laporan lengkap)
Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Sektor peternakan merupakan salah satu yang dapat di unggulkan dalam pemulihan perekonomian nasional mengingat sektor peternakan terbukti dapat memberikan kontribusi pada perokonimian di Indonesia. Salah satu komoditi yang dapat diandalkan adalah komoditi ternak perah karena tingkat produktivitasnya yang tinggi dan manajemen pemeliharaan yang cukup mudah. Pertumbuhan sapi perah dara sebagai induk perlu perhatian dan ketelitian untuk menunjang produktivitasnya secara optimal. Praktek magang ini bertujuan untuk memperoleh keterampilan dan pengalaman kerja dalam bidang peternakan khususnya pada manajemen pemeliharaan sapi perah fase dara. Metode dasar yang digunakan dalam praktek ini adalah praktek lapang, diskusi, wawancara, pengumpulan data dan studi pustaka. Pelaksanaan magang pada tanggal 1 Agustus sampai dengan tanggal 30 November 2023 di Koperasi Agro Niaga Jabung Syariah, Jawa Timur (KAN Jabung). Berdasarkan hasil pelaksanaan kegiatan magang dapat ditarik kesimpulan bahwa hal yang perlu diperhatikan dalam manajemen pemeliharaan sapi dara dikandang rearing, yaitu: perkandangan yang meliputi konstruksi kandang. Sanitasi yang dilakukan pada ternak dan lingkungan dilakukan dua kali dalam sehari. Pemberian pakan menggunakan hijauan segar, pakan greenfield dan konsentrat dengan takaran 36,5kg/ekor. Program perkawinan yang meliputi pengecekan dan pemantauan birahi serta perkawinan dengan metode inseminasi buatan.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorNurkholis, NurkholisNIDN0003017805
Uncontrolled Keywords: Friesian Holstein, KAN Jabung, Manajemen, Peranakan, Sapi Perah
Subjects: 200 - Rumpun Ilmu Hewani > 210 - Ilmu Peternakan > 216 - Produksi Ternak
Divisions: Jurusan Peternakan > Prodi D3 Produksi Ternak > PKL
Depositing User: Verdian Chandra Bayu Aditya
Date Deposited: 04 Apr 2024 08:23
Last Modified: 04 Apr 2024 08:23
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/31527

Actions (login required)

View Item View Item