PELUANG PENGEMBANGAN UMKM MANISAN KURMA TOMAT DI KABUPATEN LUMAJANG

Saadillah, Dinu and Nadhirah, Aulia and Al Ardi, Aditya Nizar (2023) PELUANG PENGEMBANGAN UMKM MANISAN KURMA TOMAT DI KABUPATEN LUMAJANG. Mimbar Agribisnis, 9 (2). pp. 2629-2641. ISSN 2579-8340

[img] Text
14a. Artikel.pdf - Published Version

Download (913kB)
[img] Text
14a. Turnitin.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://jurnal.unigal.ac.id/mimbaragribisnis/index

Abstract

Tomat menjadi salah satu komoditas buah-buahan yang dapat tumbuh di dataran rendah maupun dataran tinggi. Namun, kadar airnya yang cukup banyak menjadikan tomat tidak dapat bertahan dalam waktu yang lama. Oleh karena itu, perlu dilakukan diversifikasi pada tomat agar memiliki nilai jual yang lebih tinggi. Salah satu cara penanganannya yaitu dengan mengolah tomat menjadi manisan kering. Manisan tomat dalam bentuk kurma pada salah satu UMKM Kurmat (kurma tomat) yang terletak di Kabupaten Lumajang merupakan produk yang tergolong baru sehingga dapat memberikan alternatif baru dalam menciptakan peluang usaha. Pengembangan usaha manisan tomat pada UMKM ini menghadapi berbagai kendala. Diperlukan strategi pengembangan usaha yang tepat melalui perencanaan strategis untuk menghadapi persaingan yang ketat. Hasil analisis dengan menggunakan SWOT (Strengths, Weaknesses, Oppourtunities and Threats) pada UMKM kurma tomat di Kabupaten Lumajang menunjukkan bahwa usaha manisan tomat ini sudah dapat memanfaatkan kekuatan yang dimiliki dengan baik walaupun masih terdapat beberapa kelemahan. Permodalan menjadi faktor yang harus diperhatikan agar usaha dapat berkembang dengan baik. Selain itu, ancaman yang dihadapi oleh manisan kurma tomat lebih dominan daripada peluang yang ada yaitu jangkauan pasar para pesaing yang lebih luas sehingga dari hasil analisis SWOT menunjukkan bahwa diperlukan strategi pengembangan usaha berupa mendukung strategi diversifikasi atau strategi ST (Strenght and Threats) berupa penerapan proses pengeringan yang sesuai dengan standar GMP, menganalisis manajemen risiko secara tepat untuk menghindari kerugian akibat harga bahan pendukung yang meningkat, menerapkan alat promosi yang sesuai dan menarik minat konsumen, mengedepankan keunggulan bersaing produk yang dimiliki sebagai ajang promosi.

Item Type: Article
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
AuthorSaadillah, Dinu0010069405
AuthorNadhirah, Aulia0001119305
AuthorAl Ardi, Aditya Nizar0007109109
Uncontrolled Keywords: UMKM Kurmat, SWOT, IFE, EFE, Manajemen Risiko
Subjects: 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 571 - Manajemen
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D4 Manajemen Agroindustri > General
Depositing User: Dinu Saadillah
Date Deposited: 03 Apr 2024 06:20
Last Modified: 03 Apr 2024 06:20
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/31304

Actions (login required)

View Item View Item