Perawatan Traktor Pengangkut Tebu (Cane Grabber) John Deere 2715 Di PT. Fajar Grub Corpora Kalibaru Banyuwangi Jawa Timur

Fajduwani, Abdul Kholiq (2023) Perawatan Traktor Pengangkut Tebu (Cane Grabber) John Deere 2715 Di PT. Fajar Grub Corpora Kalibaru Banyuwangi Jawa Timur. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan (2).pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (186kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Penahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (202kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka (3).pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (48kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Perawatan Traktor Pengangkut Tebu (Cane Grabber) John Deere 2715 di PT. Fajar grub corpora Kalibaru Banyuwangi Jawa Timur, Abdul kholiq Fajduwani, NIM B31211902, Tahun 2024, 44 Halaman, Teknologi Pertanian, Politeknik Negeri Jember, Ir. Anang Supriadi Saleh, MP (Pembimbing). Kegiatan Tebang, Muat, Angkut (TMA) pada tanaman tebu merupakan kegiatan yang tidak dapat dipisahkan sebagai kegiatan memanen hasil tebu Layak giling untuk dibawa ke pabrik. Kegiatan TMA harus ditangani dengan baik agar menghasilkan kualitas kadar gula yang baik pula. Kegiatan TMA merupakan kegiatan pascapanen yang harus mendapat perhatian secara cermat. Mutu tebu hasil tebangan sangat dipengaruhi oleh kesiapan prasarana, sarana angkutan, sumber daya tenaga tebang, kondisi lingkungan, kelancaran giling pabrik, dan sistem pengupahan tenaga tebang dan angkutan. Penebangan tebu pada dasarnya sama dengan prinsip panen tanaman lainnya, yaitu memilih tebu yang masak untuk ditebang terlebih dahulu, dengan asumsi bahwa tebu yang masak akan diperoleh rendemen yang tinggi. PT. Fajar Group Carpora merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang mekanisasi perkebunan atau pertanian,alat berat pertanian dan tranportasi. PT. Fajar Group Carpora juga memiliki anak perusahaan yaitu Vilos Caffee Laboratory yang bergerak dalam bidang holtikultura dan pengolahan kopi,buncis dan tebu. PT. Fajar sendiri terdapat 2 lokasi lahan tebu yang dipanen pada musim giling 2023. Lokasi lahan tebu pertama terletak di desa krikilan dan lokasi kedua terletak pada desa karangsari, Kabupaten Banyuwangi. Untuk proses tebang tebu sendiri masih menggunakan tenaga manusia yang menebang tebu secara manual. Jumlah tenaga tebang setiap harinya tidak menentu, tetapi selama kegiatan magang kami menghitung jumlah tenaga yang dikerahkan berkisar antara 11 sampai 50 orang. Proses angkut tebu merupakn proses dimana tebu yang sudah di muat ke dalam kendaraan / truck menggunakan alat angkut tebu (Grabber) akan di bawa menuju ke pabrik gula yang masih aktif melakukan penggilingan. Untuk di PT. Fajar sendiri kendaraaan / truck yang melakukan pengangkutan tebu antara 7-15 truck perharinya. Bobot tebu yang sudah di angkut oleh truck memiliki kapasitas bobot yang berbeda-beda tergantung spesifikasi truck / kendaraan angkutnya. Untuk kor diesel memiliki kapasitas bobot 8-9 ton.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSaleh, Anang SupriadiNIDN0004126703
Uncontrolled Keywords: Traktor Pertanian, Perawatan Traktor, Cane Grabber, Traktor Angkut Tebu
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 154 - Budidaya Pertanian dan Perkebunan
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 155 - Perkebunan
Divisions: Jurusan Teknologi Pertanian > Prodi D3 Keteknikan Pertanian > PKL
Depositing User: Abdul Kholiq Fajuwani
Date Deposited: 02 Apr 2024 22:09
Last Modified: 02 Apr 2024 22:09
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/31226

Actions (login required)

View Item View Item