Perbandingan Performa Bobot Badan dan Ukuran Tubuh Pada Domba Jantan Dorper F1 Dengan Domba Jantan Dorper F2 di Barokah Farm Kediri

Albar, Muhammad Rizky Wa’Asi (2024) Perbandingan Performa Bobot Badan dan Ukuran Tubuh Pada Domba Jantan Dorper F1 Dengan Domba Jantan Dorper F2 di Barokah Farm Kediri. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (124kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (10kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (131kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kebutuhan daging di Indonesia setiap tahunnya meningkat sehingga perlu adanya peningkatan performa dan produktivitas akan daging domba, konsumsi daging di Indonesia untuk saat ini yaitu 2,49 gram/kapita/hari. Upaya untuk meningkatkan performa dan produktivitas domba dengan menggunakan program persilangan atau perkawinan dengan domba unggul, salah satunya menggunakan pejantan domba Dorper fullblood unggulan sangat memungkinkan untuk disilangkan dengan domba betina Texel dalam jumlah yang tinggi. Dimana kedua jenis domba tersebut sama sama memiliki tipe jenis pedaging. Pengamatan ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan performa bobot badan dan ukuran tubuh domba hasil persilangan domba Dorper fullblood dengan domba Texel. Bahan yang digunakan dalam pengamatan ini yaitu 10 domba jantan Dorper F1 dan 10 domba jantan Dorper F2. Parameter kegiatan meliputi ukuran tubuh, konsumsi pakan, pertambahan bobot badan harian dan konversi pakan. Berdasarkan pengamatan yang telah dilakukan menunjukkan bahwa domba Dorper F1 memiliki ukuran tubuh dengan rata – rata lingkar dada sebesar 87 cm, panjang badan 84 cm, dan tinggi badan 71 cm. Sedangkan domba Dorper F2 memiliki rata – rata lingkar dada sebesar 89 cm, panjang badan 86 cm, dan tinggi badan 73 cm. Konsumsi pakan domba Dorper F1 memiliki nilai 1.271 g/ekor/hari sedangkan domba Dorper F2 yaitu 1.425 g/ekor/hari. Pertambahan bobot badan harian domba Dorper F1 memiliki rataan 198 g/ekor/hari sedangkan domba Dorper F2 yaitu 240 g/ekor/hari. Adapun nilai konversi pakan domba Dorper F1 sebesar 6,42 dan domba Dorper F2 yaitu 5,90. Hal ini menunjukkan persilangan domba Dorper fullblood dengan domba Texel fullblood tidak meningkatkan performa produksi dari domba Dorper fullblood seperti yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorUtomo, BudiNIDN0710108304
Uncontrolled Keywords: Domba, Dorper F1, Dorper F2, Peternakan
Subjects: 200 - Rumpun Ilmu Hewani > 210 - Ilmu Peternakan > 216 - Produksi Ternak
Divisions: Jurusan Peternakan > Prodi D3 Produksi Ternak > Tugas Akhir
Depositing User: Muhammad Rizky Wa'asi Albar
Date Deposited: 28 Mar 2024 07:46
Last Modified: 28 Mar 2024 07:46
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/31184

Actions (login required)

View Item View Item