Pemeriksaan Dan Perawatan Wick Assy Pada Bagian Kerangka Bawah Lokomotif CC201 dan CC203

Habibi, Dharma Adistya (2023) Pemeriksaan Dan Perawatan Wick Assy Pada Bagian Kerangka Bawah Lokomotif CC201 dan CC203. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (57kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (266kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (8kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Magang merupakan salah satu kurikulum Politeknik Negeri Jember yang wajib ditempuh mahasiswa sebagai syarat kelulusan di Program Studi Mesin Otomotif Jurusan Teknik. Selain sebagai syarat kelulusan, magang bertujuan agar mahasiswa mengetahui dan mendapatkan pengalaman di dunia kerja. Kegiatan magang yang dilakukan oleh penulis dilaksanakan di Depo Lokomotif Jember PT Kereta Api Indonesia (Persero) DAOP 9 Jember pada bulan Juli hingga Desember 2023. Dengan adanya magang penulis dapat mempelajari dan mempraktikan secara langsung tentang cara perawatan dan pemeriksaan bulanan pada lokomotif diesel elektrik CC201 dan CC203 khususnya pada divisi mekanik atau kerangka bawah. Kerangka bawah sendiri berfungsi untuk menopang bagian bodi lokomotif dan sebagai penggerak akhir pada lokomotif. Perawatan pada rangka bawah lokomotif CC 201 dan CC 203 yaitu melakukan pengecekan dan perbaikan pada setiap bagian boogie, roda, traksi motor, gear box, shock absorber, helical spring, sistem rem, cowhanger, boffer, rantai pengaman, clow, skin plat, wear plat, wick assy,dan axle cup. Roda merupakan komponen yang sangat tepenting pada kendaraan. Roda berfungsi untuk mendukung pergerakan suatu benda atau kendaraan. Pada roda lokomotif terdapat Axle Linning, Axle Linning sendiri adalah jenis bantalan luncur yang digunakan pada lokomotif yang berfungsi sebagai tempat penumpu poros roda penggerak. Terdapat sistem pelumasan as roda dengan axle linning pada lokomotif CC201 dan CC203. Pada pelumasan tersebut terdapat komponen yang disebut Wick Assy/ Wick Assembly. Wick Assy adalah suatu alat pelumas pada lokomotif yang terletak di dalam Axle Cup atau bak penampungan dan memiliki fungsi untuk melumasi as roda dengan Axle Linning agar mengurangi gesekan, mencegah karat dan menjaga suhu panas tidak berlebih. Cara kerja wick assy yaitu menyerap minyak yang vi terdapat pada axle cup, kemudian lidah wick assy yang bersentuhan pada as roda akan melumasi as roda. Wick assy terbuat dari busa karpet yang dapat menyerap minyak. Permasalahan yang muncul pada wick assy yaitu : Lubang pengisian kurang rapat, Minyak kurang saat pengisian, Metode perawatan yang kurang maksimal, Masuknya benda asing yang membuat minyak kotor, dan Komponen wick assy mengeras Komponen wick assy dilakukan perawatan bulanan pada P3, P6 dan P12 untuk menjaga pelumasan as roda dan axle linning dalam keadaan optimal. Pada periodik 3 bulanan (P3) dan periodik 6 bulanan (P6) komponen wick assy dibersihkan dari kotoran sedangkan pada periodik 12 bulanan (P12) komponen wick assy diganti dengan yang baru. Apabila ada masalah pada wick assy ketika P1 sebelum P3, P6, dan P12 maka komponen wick assy dilakukan perawatan. Untuk minyak pelumas yang terdapat di dalam axle cup dikuras hingga habis dan diganti baru ketika P3, P6, dan P12.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorKarimah, Cahyaning NurNIDN0007109104
Uncontrolled Keywords: PT Kereta Api Indonesia (Persero) DAOP 9 Jember, Lokomotif CC201, Lokomotif CC203, Wick Assy, Wick Assembly
Subjects: 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 420 - Teknik Sipil dan Perencanaan Tata Ruang > 428 - Transportasi
410 - Rumpun Ilmu Teknik > 430 - Ilmu Keteknikan Industri > 431 - Teknik Mesin (dan Ilmu Permesinan Lain)
Divisions: Jurusan Teknik > Prodi D4 Mesin Otomotif > PKL
Depositing User: Dharma Adistya Habibi
Date Deposited: 04 Apr 2024 08:22
Last Modified: 04 Apr 2024 08:23
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/31148

Actions (login required)

View Item View Item