Prosedur Pemberian Nomor Registrasi Berkas Kasus Piutang Negara (BKPN) Dalam Nota Dinas Pada Kantor Pelayanan Kekayaan Negara Dan Lelang Jember

Permatasari, Nia Agustin (2024) Prosedur Pemberian Nomor Registrasi Berkas Kasus Piutang Negara (BKPN) Dalam Nota Dinas Pada Kantor Pelayanan Kekayaan Negara Dan Lelang Jember. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (255kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (354kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (258kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
LAPORAN MAGANG FIXX (4).pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Praktik magang merupakan program pembelajaran yang tercantum dalam kurikulum yang wajib ditempuh oleh mahasiswa selama 1 semester yang dijadwalkan pada semester 7 (Tujuh) dengan kurun waktu 700 jam atau 4 bulan efektif. Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Jember dipilih sebagai tempat kegiatan magang, dimana KPKNL merupakan instansi vertikal Direktorat Jenderal Kekayaan Negara dan berada di bawah serta bertanggung jawab pada Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Jawa Timur memiliki tugas dalam melaksanakan pelayanan di bidang kekayaan negara, penilaian, pengurusan piutang dan lelang. Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) terdiri dari 5 seksi dan kelompok jabatan fungsional dengan rincian Subbagian Umum, Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara (PKN), Seksi Piutang Negara (PN), Seksi Hukum dan Informasi (HI), Seksi Kepatuhan Internal (KI), dan Kelompok Jabatan Fungsional. KPKNL khususnya Seksi Hukum & Informasi melaksanakan pengurusan Piutang Negara yang salah satunya dilakukan dengan penatausahaan Berkas Kasus Piutang Negara (BKPN). Penatausahaan BKPN dilakukan melalui beberapa tahapan, mulai dari penyerahan piutang negara yang diterima lalu diverifikasi oleh Seksi Piutang Negara. Setelah diteliti terkait kebenaran dan kelengkapan data, maka seksi tersebut menerbitkan Resume Hasil Penelitian Kasus (RHPK) dan Surat Pernyataan Penerimaan Piutang Negara (SP3N) untuk dibuatkan nomor registrasi BKPN. RHPK & SP3N dibuat 2 (dua) lampiran, satu untuk arsip Seksi Piutang Negara dan satunya lagi untuk arsip Seksi Hukum & Informasi. Nantinya, pelaksana Seksi Hukum & Informasi akan menerbitkan Nota Dinas registrasi BKPN dilengkapi dengan penandatanganan dari Kepala Seksi. Saat ini, penatausahaan BKPN yang dilakukan KPKNL Jember selain secara fisik dengan menyatukan dokumen atas nama satu debitur ke dalam satu bundel berkas dan disimpan dalam lemari berkas, penatausahaannya juga dilakukan secara digital. Semua itu tidak terlepas dari pentingnya nomor registrasi, supaya memudahkan penyusunan berkas secara rapi dan mudah didapatkan ketika sedang dibutuhkan. Proses digitalisasi melalui tahap scanning, editing, dan uploading.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorPratiwi, Berlina YudhaNIDN0020089201
Uncontrolled Keywords: BKPN, Nomor Registrasi, Nota Dinas
Subjects: 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 571 - Manajemen
710 - Rumpun Ilmu Pendidikan > 790 - Ilmu Pendidikan > 799 - Administrasi Pendidikan (Manajemen Pendidikan)
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D4 Akuntansi Sektor Publik > PKL
Depositing User: NIA AGUSTIN PERMATASARI
Date Deposited: 19 Mar 2024 01:43
Last Modified: 19 Mar 2024 01:44
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/30993

Actions (login required)

View Item View Item