Analisis Usaha Rice Box Empal MiniDi Kecamatan Tongas Kabupaten Probolinggo

Fahreza, Aufara (2023) Analisis Usaha Rice Box Empal MiniDi Kecamatan Tongas Kabupaten Probolinggo. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstract)
Abstract.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (141kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (152kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (157kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap aufara r.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Produk Rice Box Empal Mini merupakan salah satu jenis makanan perpaduan dari makanan tradisional yang dikemas dengan bentuk makanan modern guna menjaga kelestarian makanan tradisional agar tidak hilang bagi kalangan masa kini. Tujuan dari kegiatan ini antara lain untuk mengetahui proses produksi, analisis usaha dan pemasaran Rice Box Empal Mini. Kegiatan tugas akhir ini dilaksanakan di Kecamatan Tongas Kabupaten Probolinggo dimulai pada tanggal 4 September 2022 hingga 29 Desember 2022. Pemasaran yang digunakan pada usaha ini meliputi 4P yakni Product, Price, Promotion dan Place. Metode analisis yang digunakan yaitu BEP, R/C Ratio dan ROI. Proses produksi yang telah dilakukan sebanyak 5 kali produksi untuk satu kali produksi membutuhkan 1 tenaga kerja dengan waktu kerja selama 3 jam. Berdasarkan kegiatan yang telah dilaksanakan adapun tahapan proses pembuatan Rice Box Empal Mini yaitu persiapan alat dan bahan, penimbangan bahan, persiapan bumbu, perebusan daging sapi, pemotongan daging sapi serta lalapan, penggorengan daging sapi (empal), pengemasan produk dan pelabelan produk. Hasil analisis BEP (Produksi) sebesar 16,40 kemasan dengan volume penjualan sebesar 25 kotak dalam satu kali produksi, BEP (Harga) sebesar Rp. 9.841,73 per kotak dengan harga jual sebesar Rp. 15.000 per kemasan, R/C Ratio 1,52 dan ROI 12,82%. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut usaha Rice Box Empal Mini ini layak untuk diusahakan. Saluran pemasaran yang digunakan yaitu saluran pemasaran langsung dari produsen dijual langsung kepada konsumen. Promosi yang digunakan adalah dengan personal selling atau bertemu langsung dan memperkenalkan produk terhadap calon konsumen dan promosi online atau promosi tidak langsung yaitu dengan memanfaatkan media sosial WhatsApp.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorAnggraeni, Oktanita JayaNIDN0005108101
Subjects: 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 576 - Manajemen Industri
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > Tugas Akhir
Depositing User: Aufara Fahreza
Date Deposited: 15 Mar 2024 03:16
Last Modified: 15 Mar 2024 03:16
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/30951

Actions (login required)

View Item View Item