Analisis Pengaruh Konsentrasi Katalis Cangkang Kerang Darah Pada Pembuatan Biodiesel Minyak Kesambi Dengan Response Surface Method

Rohmadini, Fira (2024) Analisis Pengaruh Konsentrasi Katalis Cangkang Kerang Darah Pada Pembuatan Biodiesel Minyak Kesambi Dengan Response Surface Method. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstract)
ABSTRAK_BHS INGGRIS.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (256kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (203kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (199kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap Skripsi (Cover-Dapus).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kebutuhan energi yang terus meningkat di dunia industri dan transportasi menyebabkan cadangan minyak bumi semakin menipis. Biodiesel merupakan alternatif energi terbarukan masa mendatang yang berasal dari minyak nabati atau hewani yang diproses melalui esterifikasi dan transesterifikasi. Mahalnya bahan baku dan biaya produksi menyebabkan terhambatnya pengembangan biodiesel di Indonesia. Oleh sebab itu, minyak kesambi dapat dijadikan sebagai substitusi bahan baku biodiesel dari palm oil karena, memiliki harga yang murah dan mudah dikembangkan. Upaya yang dapat dilakukan dalam menghemat biaya produksi adalah menggunakan katalis heterogen yang berasal dari limbah cangkang kerang darah sebagai pengganti katalis homogen. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis pengaruh variasi katalis cangkang kerang darah yang paling optimal untuk menghasilkan rendemen biodiesel minyak kesambi menggunakan metode Response Surface Method (RSM) pada proses transesterifikasi. Sintesis katalis menggunakan metode kalsinasi pada suhu 900 0C selama 3 jam. Karakteristik katalis dilakukan dengan metode Scanning Electron Microscopy (SEM). Analisis data menggunakan Optimal Costume Design (OCD) dengan 1 faktor 1 respon. Faktor yang digunakan adalah variasi katalis 2-6% m/v dan respon berupa rendemen biodiesel. Hasil penelitian menunjukkan rendemen tertinggi sebesar 92,07% pada variasi katalis cangkang kerang darah 6,82% m/v. Model persamaan statistik yang didapatkan adalah persamaan kubik dengan nilai F-value 4,34, p�value 0,037, R2= 0,5912 dan lack of fit lebih dari 0,05 yang mengisyaratkan model yang baik. Kualitas katalis yang dihasilkan memiliki struktur morfologi yang tidak beraturan, terikat bersama-sama dan membentuk agregat yang besar. Hal tersebut mengindikasikan proses transesterifikasi tidak berjalan dengan baik dan biodiesel memiliki mutu dibawah standar SNI 7182:2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSusmiati, YuanaNIDN0012027902
Uncontrolled Keywords: Biodiesel, Cangkang Kerang Darah, Katalis, Minyak Kesambi, Response Surface Method (RSM)
Subjects: 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 420 - Teknik Sipil dan Perencanaan Tata Ruang > 422 - Teknik Lingkungan
410 - Rumpun Ilmu Teknik > 430 - Ilmu Keteknikan Industri > 433 - Teknik Kimia
410 - Rumpun Ilmu Teknik > 430 - Ilmu Keteknikan Industri > 443 - Teknik Enerji
Divisions: Jurusan Teknik > Prodi D4 Teknik Energi Terbarukan > Tugas Akhir
Depositing User: Fira Rohmadini
Date Deposited: 04 Mar 2024 02:59
Last Modified: 04 Mar 2024 03:00
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/30826

Actions (login required)

View Item View Item