Zefian, Jevy (2024) Analisis Usaha Kerupuk Pisang di Desa Pejaten Kecamatan Bondowoso Kabupaten Bondowoso. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (186kB) |
|
Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (142kB) |
|
Text (Full Text)
D31211436_laporan Lengkap.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (188kB) |
Abstract
Tujuan dilaksanakannya tugas akhir ini untuk melakukan proses pembuatan, menghitung analisis kelayakan usaha, dan melakukan pemasaran kerupuk pisang di Desa Pejaten Kecamatan Bondowoso Kabupaten Bondowoso. Kegiatan tugas akhir ini dilaksanakan di Kabupaten Bondowoso dimulai pada tanggal 15 juli 2023 sampai 30 November 2023. Metode analisis yang digunakan untuk menghitung kelayakan usaha diantaranya menggunakan metode analisis BEP (Break Event Point), metode analisis usaha R/C Ratio (Revenue Cost Ratio), dan metode analisis usaha ROI (Return On Investment). Berdasarkan kegiatan yang telah dilaksanakan adapun tahapan proses pembuatan kerupuk pisang yaitu menyiapkan alat dan bahan, pengupasan dan penjemuran, penggilingan pisang, menimbang dan mengukur bahan, membuat adonan, pembentukan dan pengukusan adonan, pendinginan dan pemotongan, penjemuran, penggorengan, pengemasan dan pelabelan. Saluran pemasaran yang digunakan yaitu bauran pemasaran (marketing mix) yaitu 4P meliputi, Product(Produk), Price(Harga), Place(Tempat) dan Promotion(Promosi). Hasil perhitungan analisis usaha menunjukkan bahwa nilai BEP (produksi) sebesar 19,95 kemasan dari total dalam 1 kali proses produksi sebanyak 24 kemasan, nilai BEP (harga) sebesar Rp. 5.819,-/kemasan dengan harga jual Rp. 7.000,-/kemasan, nilai R/C Ratio sebesar 1,20 dan nilai ROI sebesar 3,9% sehingga usaha ini menguntungkan dan layak untuk diusahakan. Demikian dengan saluran pemasaran yang efektif digunakan yaitu saluran pemasaran secara langsung karena lebih efisien.
Item Type: | Thesis (Diploma) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Analisis Usaha, Kerupuk Pisang, Kewirausahaan | ||||||
Subjects: | 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 571 - Manajemen | ||||||
Divisions: | Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > Tugas Akhir | ||||||
Depositing User: | Jevy Zefian | ||||||
Date Deposited: | 26 Feb 2024 03:10 | ||||||
Last Modified: | 26 Feb 2024 03:11 | ||||||
URI: | https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/30777 |
Actions (login required)
View Item |