Analisis Pengaruh Variasi Diameter Pipa Air Intake Dan Penggunaan Jet Ranger Terhadap Performa Mesin Pada Motor Vario 125 CC

Rizky, Enno Nur (2024) Analisis Pengaruh Variasi Diameter Pipa Air Intake Dan Penggunaan Jet Ranger Terhadap Performa Mesin Pada Motor Vario 125 CC. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (ABSTRACT)
ABSTRACT.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (7kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (140kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (8kB)
[img] Text (LAPORAN LENGKAP)
Skripsi_Enno Nur Rizky..pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti tentang performa, konsumsi bahan bakar dan kecepatan angin pada sepeda motor vario 125 cc dengan memvariasikan diameter pipa air intake dan penggunaan jet ranger yang dimana fungsi dari jet ranger adalah untuk mengubah arah masuknya angin yang awalnya linier (searah) menjadi spin (memutar). Dari pengujian torsi diperoleh data dengan tidak/ menggunakan jet ranger pada Ø (26mm) mengalami peningkatan sebanyak 8.4%, pada Ø (31mm) mengalami peningkatan sebanyak 1,2% dan pada Ø (36mm) mengalami peningkatan sebanyak 1.6% dan dari pengujian daya mengalami peningkatan yang signifikan dari Ø (26mm) peningkatan sebanyak 3.5% pada Ø (31mm) mengalami peningkatan sebanyak 2.9% dan yang terakhir pada Ø (36mm) mengalami peningkatan sebanyak 3.6%. Untuk pengujian konsumsi bahan bakar mengalami mengalami peningkatan konsumsi bahan bakar pada setiap variasi diameternya mulai dari Ø (26mm) mengalami peningkatan sebanyak 8.6% pada Ø (31mm) mengalami peningkatan sebanyak 22.6% dan yang terakhir pada Ø (36mm) mengalami peningkatan sebanyak 21%. Dan untuk pengujian kecepatan angin mengalami peningkatan kecepatan angin pada setiap variasi diameternya mulai dari Ø (26mm) mengalami peningkatan sebanyak 7.7% pada Ø (31mm) mengalami peningkatan sebanyak 1.6% dan yang terakhir pada Ø (36mm) mengalami peningkatan sebanyak 4.4%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSuranto, Dwi DjokoNIDN0023066107
Uncontrolled Keywords: Pipa Air Intake, Jet Ranger, Torsi dan Daya, Vario 125cc, Konsumsi Bahan Bakar, Kecepatan Angin.
Subjects: 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 430 - Ilmu Keteknikan Industri > 431 - Teknik Mesin (dan Ilmu Permesinan Lain)
410 - Rumpun Ilmu Teknik > 430 - Ilmu Keteknikan Industri > 443 - Teknik Enerji
Divisions: Jurusan Teknik > Prodi D4 Mesin Otomotif > Tugas Akhir
Depositing User: Enno Nur Rizky
Date Deposited: 26 Feb 2024 03:57
Last Modified: 26 Feb 2024 03:58
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/30756

Actions (login required)

View Item View Item