ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS PEMBUATAN CUP ALOEVERA DRINK DENGAN MESIN THERMOFORMING DI PT. KEONG NUSANTARA ABADI, KEDIRI

Devitasari, Putri (2023) ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS PEMBUATAN CUP ALOEVERA DRINK DENGAN MESIN THERMOFORMING DI PT. KEONG NUSANTARA ABADI, KEDIRI. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (603kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (669kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (521kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

PT. Keong Nusantara Abadi (PT. KNA) merupakan perusahaan yang bergerak di bidang makanan dan minuman. Salah satu produk unggulan PT. KNA adalah Aloevera Drink. Selain itu, PT. KNA juga merancang sekaligus memproduksi kemasan produknya sendiri. Perusahaan ini harus memastikan setiap produk memenuhi standar kualitas tinggi, namun kejadian adanya produk cacat (penyimpangan) tidak dapat dihindari. Penulisan laporan ini bertujuan untuk mengetahui apakah proses produksi yang dilakukan PT. KNA berada dalam batas kendali atau tidak, dengan harapan dapat meminimalisir kecacatan pada produk. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan metode kuantitatif untuk mengidentifikasi jumlah produksi dan jumlah kecacatan pada cup Aloevera Drink 1000 gram. Data jumlah produksi dan produk cacat selama bulan September 2023 dikumpulkan melalui wawancara dengan kepala bagian produksi kemasan plastik dan karyawan serta dokumentasi tertulis. Analisis data dilakukan dengan bantuan Minitab 20 dan Microsoft Excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di bulan September 2023, total produksi cup Aloevera Drink 1000 gram di PT. KNA mencapai 1.500.310 pcs dengan total defect sebanyak 41.429 pcs. Terdapat tiga jenis kecacatan pada cup Aloevera Drink 1000 gram, yaitu cup penyok, bintik hitam pada cup, dan bibir cup terpotong. Bintik hitam merupakan kategori kecacatan tertinggi di antara yang lain. Penyebab kecacatan ini terbagi menjadi tiga faktor, yaitu faktor manusia, faktor material, dan faktor mesin.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorWahyono, AgungNIDN0029127301
Uncontrolled Keywords: MESIN THERMOFORMING, ALOEVERA
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 163 - Teknologi Pertanian
Divisions: Jurusan Teknologi Pertanian > Prodi D4 Teknologi Rekayasa Pangan > PKL
Depositing User: Putri Devitasari
Date Deposited: 13 Mar 2024 04:09
Last Modified: 13 Mar 2024 04:09
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/30727

Actions (login required)

View Item View Item