Wafiroh, Galuh Rochmatin (2024) Analisis Usaha Pengemasan Keripik Pare Aneka Rasa “MOMORDICAS” di Desa Sumberejo Kecamatan Sukodono Kabupaten Lumajang. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (117kB) |
|
Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (169kB) |
|
Text (Full Text)
D31211855_Laporan Lengkap.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (162kB) |
Abstract
Tugas akhir ini dibuat dengan tujuan untuk mengetahui proses pengemasan, prosespemasaran Keripik Pare Aneka Rasa “MOMORDICAS”, serta untuk menganalisistingkat kelayakan usaha. Pelaksanaan Tugas Akhir ini dilakukan selama 5 bulanyang dimulai pada tanggal 10 Juli sampai dengan 30 Desember 2023. Metodepengumpulan data yang digunakan ialah pengumpulan data primer danpengumpulan data sekunder. Metode analisis usaha yang digunakan dalam tugasakhir ini adalah Break event Point (BEP), Revenue Cost Ratio (R/C Ratio), danReturn On Invesment (ROI). Alur proses pengemasan diawali dengan persiapan alatdan bahan, pemberian bumbu perasa, penempelan label pada kemasan,penimbangan dan pengemasan dengan merekatkan kemasan menggunakan sealer.Kegiatan pengemasan usaha Keripik Pare ini dilakukan sebanyak 5 kali dengan satukali proses pengemasan menghasilkan 100 produk dengan berat masing-masingkemasan 100 gram/kemasan yang menghasilkan laba sebesar Rp 263.744. Hasildari analisis usaha dalam tugas akhir ini memperoleh nilai BEP (produksi) 79,7121produk dari hasil produksi sebanyak 100 produk, BEP (harga) Rp 10.362,56 -/produk dengan harga jual Rp 13.000,-/produk, nilai R/C Ratio sebesar 1,25 danROI sebesar 3,32%. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwausaha Pengemasan Keripik Pare Aneka Rasa “MOMORDICAS” inimenguntungkan. Saluran pemasaran yang digunakan yaitu saluran pemasaranlangsung dan saluran pemasaran tidak langsung sedangkan untuk kegiatan promosidilakukan menggunakan personal selling, sales promotion, dan media sosial.
Item Type: | Thesis (Diploma) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Analisis Usaha, Proses Pengemasan, Pemasaran | ||||||
Subjects: | 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 571 - Manajemen | ||||||
Divisions: | Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > Tugas Akhir | ||||||
Depositing User: | Galuh Rochmatin Wafiroh | ||||||
Date Deposited: | 12 Feb 2024 03:12 | ||||||
Last Modified: | 12 Feb 2024 03:13 | ||||||
URI: | https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/30470 |
Actions (login required)
View Item |