Implementasi Sistem K3 Pada Kegiatan Pemeliharaan Baterai Di Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) Sampean Baru

Dewi, Rossa Kencana (2024) Implementasi Sistem K3 Pada Kegiatan Pemeliharaan Baterai Di Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) Sampean Baru. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (146kB)
[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (8kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (130kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Magang merupakan salah satu rangkaian kegiatan perkuliahan di Politeknik Negeri Jember yaitu berupa praktek kerja lapang pada suatu perusahaan atau instansi yang sesuai pada bidang ilmu yang ditempuh oleh mahasiswa. Selain itu, magang juga merupakan sarana memperoleh pengalaman dan pengetahuan bagi mahasiswa yang nantinya akan terjun langsung di dunia kerja. PT Pembangkitan Jawa Bali Services adalah salah satu perusahaan yang bergerak pada bidang pembangkit listrik. Salah satu Unit Bisnis Jasanya yaitu Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro Sampean Baru yang memiliki daya pembangkitan sebesar 1,8 MW yang memanfaatkan tenaga air untuk penggeraknya. Pemeliharaan adalah serangkaian tindakan atau proses kegiatan untuk mempertahankan kondisi atau meyakinkan bahwa suatu peralatan dapat berfungsi dengan baik sebagaimana mestinya. Pemeliharan dapat mencegah terjadinya gangguan yang dapat menimbulkan kerusakan yang lebih fatal. K3 atau Keselamatan dan Kesehatan Kerja adalah suatu upaya kerja sama, saling pengertian dan partisipasi dari pengusaha dan karyawan dalam perusahaan untuk melaksanakan tugas dan kewajiban bersama dibidang keselamatan, kesehatan, dan keamanan dalam rangka meningkatkan produktivitas kerja. Untuk merealisasikan tujuan Sistem Keselamatan dan Kesehatan Kerja sesuai dengan UU No. 1 tahun 1970 yang mengatur tentang Keselamatan Kerja dan Peraturan Menteri Tenaga Kerja No. 05 tahun 1996 tentang Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3), maka diciptakannya JSA pada PLTMH Sampean Baru. Implementasi K3 dalam pemeliharaan baterai mencakup alat tanggap darurat dan alat pelingdung diri. Alat tanggap darurat barupa APAR (Alat Pemadam Api Ringan), fire alarm, smoke alarm, heat detector, termometer ruangan/hygrometer dan alat perlindungan diri berupa barricade tape safety, helmet safety shoes, rambu K3L, safety gloves, safety masker, kacamata kimia.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorRahmanto, Deddy EkoNIDN0019077807
Uncontrolled Keywords: SISTEM K3, PEMELIHARAAN BATERAI, PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA MIKROHIDRO (PLTMH), SAMPEAN BARU
Subjects: 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > 352 - Keselamatan dan Kesehatan Kerja (Kesehatan Kerja; Hiperkes)
Divisions: Jurusan Teknik > Prodi D4 Teknik Energi Terbarukan > PKL
Depositing User: Rossa Kencana Dewi
Date Deposited: 05 Feb 2024 09:22
Last Modified: 05 Feb 2024 09:23
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/30371

Actions (login required)

View Item View Item