Analisis Usaha Kue Bolu Pisang di Desa Krajan Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember, Belen Hikmah Aziza

Aziza, Belen Hikmah (2024) Analisis Usaha Kue Bolu Pisang di Desa Krajan Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember, Belen Hikmah Aziza. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (502kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (510kB)
[img] Text (Full Text)
D31211404_Laporan Lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (503kB)

Abstract

Tujuan dari pelaksanaan tugas akhir ini yaitu dapat melakukan kegiatan prosesproduksi, dapat menganalisis usaha dan dapat memasarkan produk kue bolupisang. Tugas akhir ini dilaksanakan salama 4 (empat) bulan mulai tanggal 8Agustus hingga tanggal 30 Desember 2023 di Desa Krajan Kecamatan AmbuluKabupaten Jember. Metode analisis yang dapat digunakan adalah menggunakanmetode analisis BEP (Break Event Point), metode analisis usaha R/C Ratio(Revenue Cost Ratio), dan metode analisis usaha ROI (Return On Investment).Berdasarkan kegiatan tugas akhir yang telah dilaksanakan adapun tahapan prosespembuatan kue bolu pisang yaitu menyiapkan alat dan bahan, penimbanganbahan, penghalusan pisang, pencampuran bahan, pengovenan adonan,pemotongan kue bolu pisang, pengemasan dan pelabelan. Hasil dari perhitungananalisis usaha menunjukkan bahwa nilai BEP (produksi) sebesar 8,23 kemasandari total dalam 1 kali produksi sebanyak 12 kemasan, nilai BEP (harga) sebesarRp. 13.713/kemasan dengan harga jual Rp. 20.000,-/kemasan, nilai R/C Ratiosebesar 1,43 dan nilai ROI sebesar 7,4%. Sehingga usaha ini dapat disimpulkanyaitu menguntungkan dan layak untuk diusahakan. Saluran pemasaran yangdilakukan yaitu menggunakan saluran pemasaran secara langsung (produsen kekonsumen) dan saluran pemasaran secara tidak langsung menggunakan mediasosial seperti Whatsapp atau Pre-Order.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSutantio, R AlamsyahNIDN0002026802
Uncontrolled Keywords: Analisis Usaha, Kue Bolu, Pisang
Subjects: 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 571 - Manajemen
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > PKL
Depositing User: Belen Hikmah Aziza
Date Deposited: 06 Feb 2024 03:34
Last Modified: 06 Feb 2024 03:35
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/30337

Actions (login required)

View Item View Item