Pengamatan Kinerja Instalasi Aquaponik Dengan Sistem NFT Pada Pertumbuhan Kangkung Air (lpomea aquatic) Di P4S Batu Urban Farming Rojokoyo Pesanggrahan

Santoso, Marcellino Febian (2023) Pengamatan Kinerja Instalasi Aquaponik Dengan Sistem NFT Pada Pertumbuhan Kangkung Air (lpomea aquatic) Di P4S Batu Urban Farming Rojokoyo Pesanggrahan. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (122kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN MARCELLINO FEBIAN B31210041.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (115kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA MARCELLINO FEBIAN TEP21 B31210041.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (30kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Hidroponik adalah metode bercocok tanam di mana tanaman tumbuh tanpa menggunakan tanah sebagai media tanam tradisional. Sebagai gantinya, nutrisi yang diperlukan oleh tanaman disediakan langsung ke akar dalam bentuk larutan air yang kaya akan zat-zat penting seperti nitrogen, fosfor, kalium, dan unsur hara lainnya. Salah satu cara menanam hidroponik adalah dengan Sistem Aquaponik. Sistem Aquaponik merupakan sebuah alternatif menanam tanaman dan memelihara ikan dalam satu wadah. Proses dimana tanaman memanfaatkan unsur hara yang berasal dari kotoran ikan. Lalu tanaman akan berfungsi sebagai suplai oksigen pada air yang digunakan untuk memelihara ikan. Laporan ini membahas sistem Aquaponik sebagai metode hidroponik untuk tanaman. Tujuan penulisan laporan ini adalah untuk memberikan gambaran umum tentang instalasi, komponen, dan prinsip kerja Sistem Aquaponik. Kegiatan magang dilaksanakan mulai tanggal 4 September –23 Desember 2023 di P4S Batu Urban Farming Rojokoyo yang bertempat di Jl. Cempaka, Srebet Barat, Desa Pesanggrahan, Kota Batu, Provinsi Jawa Timur. Metode yang digunakan dalam kegiatan magang yaitu metode observasi, penerapan kerja, dan studi pustaka, kegiatan ini dilakukan pada saat jam kerja magang. Hasil dari kegiatan magang adalah memberikan informasi tentang keefektifan system aquaponik dalam berhidroponik yang berbeda meliput : a) kegiatan lapang; b) pembahasan alur kegiatan; c) tujuan pengamatan kinerja aquaponik berdasarkan dari kegiatan yang dilakukan selama magang di Batu Urban Farming Rojokoyo. Mahasiswa mendapatkan pengetahuan tentang sistem hidroponik mulai dari awal tanam sampai panen dan cara budidaya susu sapi perah.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorBahariawan, AmalNIDN0011096802
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 154 - Budidaya Pertanian dan Perkebunan
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 163 - Teknologi Pertanian
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 164 - Mekanisasi Pertanian
Divisions: Jurusan Teknologi Pertanian > Prodi D3 Keteknikan Pertanian > Publikasi
Depositing User: Marcellino febian santoso
Date Deposited: 24 Jul 2024 00:50
Last Modified: 24 Jul 2024 00:51
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/30284

Actions (login required)

View Item View Item