ANALISA PENANGANAN REM BERGETAR PADA MOBIL INOVA REBORN

Wildan Nur, Khafid (2023) ANALISA PENANGANAN REM BERGETAR PADA MOBIL INOVA REBORN. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (7kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (109kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (90kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
laporan lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Praktik Kerja Lapang (PKL) adalah kegiatan wajib mahasiswa sebagai syarat kelulusan dan juga sebagai pengalaman, tempat belajar seperti apa dunia industri atau perusahaan selama ini, sehingga diharapkan dapat menjadi tolak ukur untuk melakukan pengembangan keterampilan dan keahlian pada diri mahasiswa. Kegiatan Praktik Kerja Lapang (PKL) ini dilaksanakan di PT. ASTRA International Tbk - Toyota Jember Branch selama 4 bulan, mulai dari bulan juli sampai dengan bulan desember 2023. Tujuan diadakannya magang ini untuk mempelajari dan mempraktikkan bagaimana cara melakukan perawatan pada kendaraan mobil. Pada Toyota Jember Branch, terdapat beberapa kategori perawatan yang dimana dilakukan pada mobil setiap 6 bulan sekali atau jumlah kilometer yang telah ditentukan oleh pabrikan. Kemudian bagain pembagi tugas mekanik (PTM) memberikan kertas perintah kerja bengkel (PKB) kepada mekanik untuk dilakukannya perawatan dan apa saja yang dikerjakan oleh mekanik terhadap servis perawatan mobil. Berikut bagian stall yang dilakukan perawatan berdasarkan pekerjaan yang dilakukan yaitu Express Maintenance (EM), Servis Berkala Internal (SBI), Servis Berkala External (SBE), General Repair (GR). Perawatan sangat diperlukan terhadap sebuah mobil agar kondisi mobil tetap dalam kondisi prima, perawatan pada mobil sangat beragam ketika mobil dalam kondisi baru terdapat perawatan pertama 6 bulan setelah pembelian atau mobil telah menempuh jarak 1000km, dilihat dari poin mana dulu yang di capai maka perlu dilakukan service, lalu pada rentang service selanjutnya ada 2 kategori servis 5000km atau servis 10000km bergantung dari setiap customer, pada service perawatan tersebut dilakukan penggantian oli dan filter oli, juga dilakukan beberapa pengecekan seperti kondisi kesehatan aki, volume air radiator, volume air wiper, volume air aki apabila mobil masi menggunakan aki tipe basah, kemudian dilakukan pengecekan kocak - kocak pada kaki - kaki dan ketebalan kampas rem. Dengan dilakukannya perawatan maka akan mmperpanjang masa pakai sebuah kendaraan, apabila pemilik sering telat dalam melakukan servis berkala makan umur masa pakai kendaraan semakin pendek atau akan banyak part dari engine yang mengalami keausan, terutama dibagian pelumasan sering orang menganggap penggantian oli pada mobil itu tidak terlalu penting padahal oli merupakan suatu komponen penting bagi mesin, karena memiliki fungsi sebagai pelumas dan pendingin mesin, apabila oli tidak pernah diganti maka visikositas kekentalan oli semakin tinggi yang berakibat oli akan mengental dan menimbulkan kerak yang dapat menyumbat sirkulasi oli dan paling fatal dapat menimbulkan kemacetan pada fungsi kerja mobil yang akhirnya komponen itu akan rusak dan perlu dilakukan servis besar untuk dapat mefungsikan kembali kendaraan tersebut.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorAditya Wahyu, Pratama0014067811
Uncontrolled Keywords: Analisa Penanganan Rem Bergetar
Subjects: 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 430 - Ilmu Keteknikan Industri > 431 - Teknik Mesin (dan Ilmu Permesinan Lain)
Divisions: Jurusan Teknik > Prodi D4 Mesin Otomotif > PKL
Depositing User: Wildan Nur Khafid
Date Deposited: 01 Feb 2024 01:34
Last Modified: 01 Feb 2024 01:35
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/30230

Actions (login required)

View Item View Item