Analisis usaha kroket sukun Di kelurahan Blitar kota Blitar

Putri, Ainun Nadhifa (2020) Analisis usaha kroket sukun Di kelurahan Blitar kota Blitar. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstrak)
07. ABSTRAK.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (87kB)
[img] Text (Bab 1. Pendahuluan)
14. BAB 1. PENDAHULUAN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (159kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (161kB)
[img] Text (Full Text)
D31170841_LAPORAN LENGKAP_TA.pdf - Other
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Kroket sukun merupakan camilan yang terbuat dari sukun dengan isian ragout atau sayuran dan daging ayam yang dipotong kecil-kecil lalu dimasak dengan menambahkan tepung agar berbentuk seperti pasta, lalu dibaluri dengan tepung panir dan digoreng. Penggunaan sukun sebagai pengganti kentang yang merupakan bahan utama kroket, yaitu karena harga sukun yang murah dan sukun memiliki tekstur yang mirip dengan kentang setelah dihaluskan. Selain itu, sukun juga memiliki daging buah yang tebal dan rasa yang sedikit manis, sehingga kroket sukun memiliki rasa khas tersendiri. Pelaksanaan tugas akhir ini memiliki tujuan, yaitu melaksanakan proses produksi, menganalisis usaha, dan melakukan pemasaran kroket sukun. Proses produksi produksi kroket sukun meliputi persiapan alat dan bahan, pengupasan dan pemotongan sukun, pengukusan sukun, penghalusan sukun, pembuatan isian kroket, pembuatan kroket, penggorengan kroket, dan pengemasan. Metode analisis yang digunakan yaitu BEP, R/C Ratio, dan ROI. Hasil analisis kelayakan usaha kroket sukun didapatkan BEP (unit) sebesar 21 kemasan dengan jumlah produksi sebanyak 26 kemasan, BEP (harga) sebesar Rp. 5.704 per kemasan dengan harga jual Rp. 7.000 per kemasan, R/C Ratio 1,23 dan ROI 6,42%. Berdasarkan analisis tersebut, menunjukkan usaha kroket sukun ini menguntungkan dan layak diusahakan. Pemasaran kroket sukun dilakukan secara langsung dari produsen ke konsumen dan promosi dilakukan dengan menggunakan media sosial seperti Instagram, facebook dan whatsapp dengan sistem PO (Pre Order). Kata Kunci : Analisis Usaha, Kroket Sukun, Proses Produksi

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorHidayat, TaufikNIDN0002097407
Subjects: 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 574 - Pemasaran
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > Tugas Akhir
Depositing User: Heru Purnomo
Date Deposited: 17 Oct 2020 03:41
Last Modified: 22 Oct 2020 05:27
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/302

Actions (login required)

View Item View Item