Analisa Usaha Mochi Ungu “Mochi-U” Di Desa Tanjunganom Kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk

Anugrah, Puspita Reni Dwi (2023) Analisa Usaha Mochi Ungu “Mochi-U” Di Desa Tanjunganom Kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (119kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1. PENDAHULUAN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (17kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (72kB)
[img] Text (Full Text)
D31212160_LAPORAN LENGKAP.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Mochi yaitu merupakan makanan tradisional yang berasal dari Jepang terbuat dari beras ketan yang diolah menjadi adonan dan kemudian disi dengan berbagai macam bahan seperti kacang merah dan stroberi. Namun, meskipun mochi telah menjadi bagian integral dari budaya Jepang kini mochi telah menyebar luas keberbagai negara dengan beragam rasa dan bentuk, salah satunya penyebarannya ada di Indonesia. Kali ini menggunakan mochi dengan inovasi pada isiannya yang memanfaatkan isian dari ubi ungu. Selain itu memberikan dua rasa yaitu mochi dengan isian stroberi yang telah dilumuri ubi dan coklat dan pilihan yang kedua whip cream dan potongan stroberi memberikan rasa segar yang memiliki citarasa unik. Pemasaran yang digunakan pada Mochi Ungu “Mochi-U” menggunakan strategi pemasaran 4P yaitu Product, Price, Distribusi/ Place, Promotion. Pada Product yang terdiri dari manajemen logo dan motto ,menciptakan merek, menciptakan kemasan. Price pada usaha Mochi Ungu “ Mochi-U” didasarkan pada jumlah pengeluaran dan tingkat laba dan juga di dasarkan pada bahan baku yang digunakan oleh produk agar produk ini dapat bersaing dengan harga pasaran lainnya. Distribusi/ Place saluran pemasaran yang digunakan pada mochi ungu akan dilakukan secara langsung yaitu dengan menyalurkan dari produsen ke konsumen tanpa perantara. Promotion yang dilakukan untuk mengenalkan produk usaha Mochi Ungu “Mochi-U” ini secara offline dan online. Promosi langsung atau offline dengan cara memberi keterangan tentang inovasi produk yang menggunakan isian ubi serta memiliki dua rasa dalam satu kemasan, Sedangkan secara online melalui media sosial seperti Whatsapp dan Instagram (mochi_u1). Tugas Akhir ini dilaksanakan selama 4 bulan dimulai dari bulan September hingga bulan Desember di Desa Tanjunganom Kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk. Analisis yang digunakan BEP (Break Event Point) BEP terdiri dari BEP produksi dan BEP harga, R/C Ratio, Return Od Investment (ROI). BEP Produk sebesara 8 kemasan dari total produk yang diproduksi sebanyak 10 kemasan, pada perhitungan BEP Harga didapatkan hasil sebesar Rp 7.945 /kemasan dengan harga penjualan pada produk sebesar Rp 10.000/kemasan, dengan perhitungan R/C Ratio sebesar 1,26 dan ROI sebesar 6,03%. Sehingga dari hasil perhitungan diatas usaha Mochi Ungu”Mochi-U” didapatkan hasil menguntungkan serta layak untuk dijalankan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorKrismiratsih, FitriNIDN0012039402
Uncontrolled Keywords: Analisis Usaha, Mochi Ungu “Mochi-U”,Bauran Pemasaran,Inovasi
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 180 - Ilmu Sosiologi Pertanian > 181 - Sosial Ekonomi Pertanian
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 180 - Ilmu Sosiologi Pertanian > 185 - Agribisnis
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis (Kampus Nganjuk) > Tugas Akhir
Depositing User: Puspita Reni Dwi Anugrah
Date Deposited: 26 Jan 2024 09:17
Last Modified: 26 Jan 2024 09:18
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/30007

Actions (login required)

View Item View Item