Analisis Usaha Sambal Goreng Kering TANGPERI (Kentang Tempe Teri) di Desa Sumber Jeruk Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember.

Windasari, Alfi Anis Susanti (2024) Analisis Usaha Sambal Goreng Kering TANGPERI (Kentang Tempe Teri) di Desa Sumber Jeruk Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (86kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (90kB)
[img] Text (Full Text)
D31211629_Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (86kB)

Abstract

Sambal Goreng Kering Tangperi (Kentang Tempe Teri) adalah produk olahanmakanan yang berbahan dasar dari kentang, tempe, dan juga ikan teri dengan rasapedas manis. Pembuatan inovasi produk ini yaitu untuk meningkatkan minatmasyarakat dan juga meningkatkan nilai jual dari kentang, tempe, teri. Produk inidikemas menggunakan toples dengan berat 100 gram tiap kemasan yang bertujuanagar produk sambal goreng kering tangperi bisa tahan lama. Tugas akhir iniberjudul Analisis Usaha Sambal Goreng Kering Tangperi (Kentang Tempe Teri)di Desa Sumber Jeruk Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember. Tugas akhir inidilaksanakan selama 4 bulan mulai dari tanggal 11 Agustus 2023 sampai 30November 2023. Pelaksanaan tugas akhir ini bertujuan untuk melakukan prosesproduksi sebanyak 5 kali produksi, untuk setiap 1 kali produksi menghasilkan 20kemasan dan memerlukan 5 jam kerja. Tugas akhir ini juga melakukan kegiatanpemasaran secara langsung kepada konsumen dan pemasaran secara tidaklangsung atau dititipkan di toko-toko. Metode analisis usaha yang digunakandalam tugas akhir ini yaitu analisis Break Event Point (BEP), analisis Return CostRatio (R/C Ratio), dan analisis Return On Investment (ROI). Hasil perhitungananalisis usaha yang didapatkan untuk BEP (Produksi) sebesar 14,79860133kemasan dari jumlah produksi 20 kemasan, dan BEP (Harga) sebesar Rp11.098,951/kemasan, dengan harga jual sebesar Rp 15.000/kemasan. Hasilperhitungan R/C Ratio sebesar 1,35 dan ROI sebesar 12,61%. Dari hasilperhitungan pada ketiga metode analisis usaha, menunjukkan bahwa usaha sambalgoreng kering tangperi (kentang tempe teri) layak untuk dijalankan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSundari, SriNIDN0014096402
Uncontrolled Keywords: Sambal Goreng Kering Tangperi, Analisis Usaha, Pemasaran
Subjects: 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 571 - Manajemen
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > Tugas Akhir
Depositing User: Alfi Anis Susanti Windasari
Date Deposited: 26 Jan 2024 09:15
Last Modified: 26 Jan 2024 09:16
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/29992

Actions (login required)

View Item View Item