Analisis Usaha Budidaya Ikan Lele Dan Sayuran Dengan Sistem Akuaponik Di Desa Glundengan Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember

Zahroh, Fatimatus (2024) Analisis Usaha Budidaya Ikan Lele Dan Sayuran Dengan Sistem Akuaponik Di Desa Glundengan Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (40kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (42kB)
[img] Text (Full Text)
D31211727_Laporan Lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (44kB)

Abstract

Akuponik adalah kombinasi antara akuakultur dengan hidroponik yangmenghasilkan simbiosis mutualisme atau saling menguntungkan. Akuaponikdapat diartikan budidaya ikan dan budidaya tanaman dalam satu tempat yangmemanfaatkan kotoran ikan sebagai pupuk pengganti tanaman atau nutrisi yangakan diserap. Sasaran dalam berusaha budidaya sesuai dengan permintaan yaitumasyarakat bisa ikut serta dalam memajukan ekologi dengan cara bercocok tanamdengan metode akuaponik di halaman rumah. Tujuan tugas akhir adalah untukmengetahui dan menerapkan tahapan dalam budidaya ikan lele dan sayurandengan sistem akuaponik. Budidaya ikan lele dan sayuran dengan sistemakuaponik menggunakan dua saluran pemasaran yaitu pemasaran secara langsungdan tidak langsung. Metode analisis usaha yang digunakan berupa perhitunganBEP, R/C Ratio, ROI, dan harga jual menggunkan mark-up princing. Hasilanalisis usaha budidaya ikan lele menunjukkan bahwa nilai BEP (produksi) yangdiperoleh yaitu sebesar 28,75 kg dari jumlah produksi 32,22 kg ikan lele, BEP(harga) sebesar Rp 19.627,72 per kg sedangkan harga jual yaitu Rp 22.000 per kg,R/C Ratio sebesar 1,12 dan ROI 7,35 %. Budidaya sayuran selada menunjukkanbahwa nilai BEP (produksi) yang diperoleh yaitu sebesar 29,14 ikat dari jumlahproduksi 37 ikat sayuran selada, BEP (harga) sebesar Rp 6.299,97 per ikatsedangkan harga jual yaitu Rp 8.000 per ikat, R/C Ratio sebesar 1,27 dan ROI20,29%. Usaha budidaya ikan lele dan sayuran dengan sistem akuaponik layakuntuk diusahakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorPongoh, Ida Adha AnrosanaNIDN0012127502
Uncontrolled Keywords: kuaponik, Analisis Usaha, Budidaya
Subjects: 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 571 - Manajemen
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > Tugas Akhir
Depositing User: Fatimatus Zahroh
Date Deposited: 25 Jan 2024 08:16
Last Modified: 25 Jan 2024 08:17
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/29974

Actions (login required)

View Item View Item