Proses Pengklentekan Daun Tanaman Tebu (Saccharum officinarum L.) Di PT Sinergi Gula Nusantara PG. Pradjekan Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur

Nawangsari, Inesiana Dewi (2023) Proses Pengklentekan Daun Tanaman Tebu (Saccharum officinarum L.) Di PT Sinergi Gula Nusantara PG. Pradjekan Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (RINGKASAN)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (38kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (49kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (157kB)
[img] Text (LAPORAN LENGKAP)
Laporan Lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Praktik Magang yang dilaksanakan di PT Sinergi Gula Nusantara PG Pradjekan merupakan salah satu industri pabrik yang bergerak dalam budidaya dan pengolahan tebu hingga menjadi gula kristal putih yang berada di Kabupaten Bondowoso. Kegiatan Magang dilaksanakan mulai tanggal 01 Maret sampai dengan 01 Juli 2023. Tujuan dilaksanakannya kegiaan Magang adalah mahasiswa dilatih untuk mengerjakan pekerjaan lapangan dan sekaligus memantapkan keterampilan mengenai teknis budidaya tanaman tebu dengan baik, menambah pengetahuan tentang proses tanaman tebu menjadi gula. Harapannya ilmu yang diperoleh selama kegiatan Magang menjadi bekal untuk kedepannya. Hasil kegiatan Magang di PT. Sinergi Gula Nusantara PG. Pradjekan Bondowoso. Adapun kegiatan yang dilaksanakan selama Magang yaitu mencangkup semua kegiatan budidaya tanaman tebu mulai dari persiapan lahan, pembibitan, penanaman, pemeliharaan, panen, hingga pasca panen. Penulis juga terlibat dalam kegiatan yang berpengaruh terhadap hasil kualitas tebu adalah kegiatan pengklentekan daun pada batang tanaman tebu. Proses pengklentekan merupakan kegiatan menghilangkan daun-daun kering atau tua pada batang tebu dengan tujuan untuk menciptakan sirkulasi udara yang baik sehingga kebun tidak lembab, memperbanyak sinar matahari masuk, mengurangi tebu roboh, mencegah terjadinya serangan hama dan penyakit, dan dapat mempercepat pembentukan rendemen sebagai salah satu syarat dari tebu layak tebang (TLT).

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorNuraisyah, AnniNIDN19902802201903201
Uncontrolled Keywords: Magang, Tanaman Tebu, Pengklentekan Daun
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 154 - Budidaya Pertanian dan Perkebunan
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D4 Budidaya Tanaman Perkebunan > PKL
Depositing User: Inesiana Dewi Nawangsari
Date Deposited: 24 Jan 2024 01:50
Last Modified: 24 Jan 2024 01:51
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/29825

Actions (login required)

View Item View Item