Proses Pemenuhan Order Benih Semangka Di PT. Benih Citra Asia Kabupaten Jember.

Alfarisky, Trysna Puji (2024) Proses Pemenuhan Order Benih Semangka Di PT. Benih Citra Asia Kabupaten Jember. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (138kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
bab 1.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (182kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (128kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
D41222271_TRYSNA PUJI_LAPORAN FIX-1-74.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Magang merupakan kegiatan untuk memperoleh pengalaman kerja sebelum memasuki dunia kerja yang sesungguhnya. Kegiatan Magang ini khusus untuk mahasiswa Program Alih Jenjang Program Studi Manajemen Agroindustri dilaksanakan selama 535 jam dikarenakan mahasiswa sudah pernah mengikuti kegiatan Magang pada jenjang pendidikan D3 sebelumnya. Lokasi Magang yang dipilih yaitu PT. Benih Citra Asia yang bertempat di Kabupaten Jember. Produk yang dihasilkan yaitu benih tanaman hibrida dan open pollinated dengan merk benih unggul “Bintang Asia”. Benih diperoleh dari mitra tani secara langsung dan diproses sesuai dengan melakukan pengujian mutu benih dilaboratorium dan dilapangan dengan tujuan produk benih yang dihasilkan memenuhi standart mutu pemerintah. Perusahaan dalam memenuhi permintaan akan kebutuhan benih perlu adanya suatu proses pemenuhan order hingga terjadi suatu pengiriman. Dalam proses pemenuhan order dengan skala besar, banyak celah yang memungkinkan terjadinya kesalahan dalam proses penyiapan. Proses Pemenuhan order ini berguna untuk memastikan bahwa setiap produk dapat dipenuhi secara cepat, akurat dan efisien. Berdasarkan uraian di atas, laporan kegiatan magang pada PT Benih Citra Asia ini lebih berfokus untuk mempelajari proses pemenuhan order benih semangka. Hasil laporan magang ini menunjukan bahwa dalam proses pemenuhan order benih semangka di PT. Benih Citra terdapat beberapa faktor yang menyebabkan keterlambatan dalam proses pemenuhan order. Faktor yang pertama yaitu kurangnya tenaga kerja yang menyebabkan pekerja harus merangkap beberapa pekerjaan dalam satu waktu. Faktor yang kedua yaitu tata letak barang siap kirim pada bagian gudang barang jadi, penataan yang belum teratur menyebabkan pegawai kebingungan saat barang tersebut diperlukan baik saat pemeriksaan maupun saat hendak dikeluarkan. Saran yang dapat diberikan untuk keterlambatan proses pemenuhan order tersebut yaitu dengan menambah pekerja atau pegawai pada bagian pengiriman dan gudang barang jadi, sehingga proses penyiapan benih menjadi lebih cepat dan efisien kemudian menerapkan sistem penataan diklasifikasikan berdasarkan komoditas, varietas, dan bobot.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorMuksin, MuksinNIDN0010107304
Uncontrolled Keywords: Jurusan Manajemen Agribisnis, Program Studi D-IV Manajemen Agroindustri, Politeknik Negeri Jember
Subjects: 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 576 - Manajemen Industri
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D4 Manajemen Agroindustri > PKL
Depositing User: Trysna Puji Alfarisky
Date Deposited: 22 Jan 2024 01:23
Last Modified: 22 Jan 2024 01:24
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/29730

Actions (login required)

View Item View Item