Analisis Prosedur Pembukaan Isi Rekam Medis Elektronik Untuk Keperluan Pendidikan Dan Penelitian Di Rspad Gatot Soebroto

Suswantari, Melianda (2023) Analisis Prosedur Pembukaan Isi Rekam Medis Elektronik Untuk Keperluan Pendidikan Dan Penelitian Di Rspad Gatot Soebroto. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (5MB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (6MB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (5MB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto dalam melaksanakan pembukaan isi rekam medis untuk pendidikan dan penelitian saat ini masih menggunakan rekam medis manual dan belum menerapkan pembukaan isi rekam medis elektronik untuk keperluan pendidikan dan penelitian. Tentunya hal ini tidak sesuai dengan PMK RI No. 24 tahun 2022. Menindaklanjuti PMK RI No. 24 tahun 2022 bahwasannya per tanggal 31 Desember 2023 fasilitas pelayanan kesehatan harus sudah menerapkan rekam medis elektronik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis prosedur pembukaan isi rekam medis secara elektronik sebagai keperluan pendidikan dan penelitian di RSPAD Gatot Soebroto berdasarkan PMK RI No. 24 Tahun 2022 tentang rekam medis dengan menggunakan pendekatan sistem (input, proses, output, dan feedback). Hasil penelitian terkait pembukaan isi rekam medis elektronik untuk keperluan pendidikan dan penelitian dengan menggunakan metode pendekatan sistem didapatkan bahwa pembukaan isi rekam medis elektronik untuk pendidikan dan penelitian di RSPAD Gatot Soebroto sudah sesuai dengan PMK RI No. 24 Tahun 2022 tentang rekam medis pada Pasal 36 Ayat (3) dan Pasal 35 Ayat (1) poin e. Namun, pada Pasal 35 Ayat (2) dan Pasal 33 Ayat (3) tidak sejalan dengan hasil wawancara bersama petugas rekam medis karena peneliti/peminjam diperbolehkan untuk melihat identitas pasien dan rekam medis yang diteliti tidak dibatasi jumlahnya per hari. Upaya rekomendasi terkait prosedur pembukaan isi rekam medis secara elektronik untuk keperluan pendidikan dan penelitian di RSPAD Gatot Soebroto, yaitu melakukan penyesuaian (penambahan bagian isi) pada SPO akses isi rekam medis bagian keperluan pendidikan dan penelitian berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2022 tentang rekam medis dan telah disesuaikan dengan keadaan petugas serta memperhatikan ketentuan yang berlaku di RSPAD Gatot Soebroto. Hasil dari penelitian ini berupa rekomendasi prosedur pembukaan isi rekam medis elektronik untuk keperluan pendidikan dan penelitian di RSPAD Gatot Soebroto.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorMuflihatin, Indah0728038301
Uncontrolled Keywords: rme,penelitian,pendidikan
Subjects: 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 370 - Ilmu Keperawatan dan Kebidanan > 373 - Administrasi Rumah Sakit
340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > Sistem Informasi Kesehatan
Divisions: Jurusan Kesehatan > Prodi D4 Manajemen Informasi Kesehatan > PKL
Depositing User: Melianda Suswantari
Date Deposited: 01 Feb 2024 02:30
Last Modified: 01 Feb 2024 02:31
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/29717

Actions (login required)

View Item View Item