Proses Penyaluran Bantuan Benih Padi Inpari Kepada Kelompok Tani Melalui Dinas Tanaman Pangan Hortikultura Dan Perkebunan Di Kabupaten Jember

Munir, Misbahul (2024) Proses Penyaluran Bantuan Benih Padi Inpari Kepada Kelompok Tani Melalui Dinas Tanaman Pangan Hortikultura Dan Perkebunan Di Kabupaten Jember. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (10kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (158kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (5kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap_D41222242.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan sebagai jembatan pemerintah dalam mendistribusikan bantuan Benih Padi Inpari namun pendistribusian yang dilakukan oleh DTPH mengalami sedikit tantangan dalam ketidaksesuaian jumlah Benih Padi Inpari yang diterima oleh beberapa kelompok tani dengan jumlah Benih Padi Inpari yang sudah di data oleh pihak Dinas TPHP. Hal tersebut disebabkan oleh Pengawasan dari Petugas, Petani Tidak Terdaftar sebagai Anggota Kelompok Tani, Ada Kelompok Tani Masih Belum Bisa Membuat Surat Permohonan Secara Mandiri, Database Jumlah Petani Dan Luas Lahan Belum Terupdate. Solusi yang dapat digunakan oleh perusahaan diantaranya, perlunya dikakukan bimbingan teknis dan adanya sosialisasi terhadap petani yang lebih mendalam tentang prosedur mendapatkan bantuan benih padi dan didalam kelompok tani untuk memastikan petani dan kelompok tani mampu menyusun surat permohonan serta Dinas Tanaman Pangan Hortikultura Dan Perkebunan Kabupaten Jember harus membangun basis data yang handal atas petani penerima bantuan. Validitas data petani penerima program bantuan harus dimutakhirkan. Pemutakhiran data diperlukan untuk memastikan individu yang memenuhi kriteria tercakup seluruhnya dalam program bantuan sekaligus sebagai sarana untuk meningkatkan kontrol atas penyaluran bantuan sehingga tersedia database petani dan kelompok tani terupdate secara berkala.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorIsmail, Andi MuhammadNIDN0002038903
Uncontrolled Keywords: Kelompok Tani, Benih Inpari
Subjects: 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 576 - Manajemen Industri
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D4 Manajemen Agroindustri > PKL
Depositing User: Misbahul Munir
Date Deposited: 20 Jan 2024 10:52
Last Modified: 20 Jan 2024 10:53
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/29694

Actions (login required)

View Item View Item