Analisis Kesesuaian Variabel dan Meta Data Pada Implementasi Rekam Medis Elektronik Berdasarkan Kepmenkes RI Nomor 01.07/MENKES/1423/2022 Menggunakan Focus PDCA di RSUP Prof dr. I.G.N.G Ngoerah Denpasar Tahun 2023

Dewi, Ida Ayu Kurnia (2023) Analisis Kesesuaian Variabel dan Meta Data Pada Implementasi Rekam Medis Elektronik Berdasarkan Kepmenkes RI Nomor 01.07/MENKES/1423/2022 Menggunakan Focus PDCA di RSUP Prof dr. I.G.N.G Ngoerah Denpasar Tahun 2023. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan_Ida Ayu Kurnia Dewi.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (87kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1_Ida Ayu Kurnia Dewi.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (214kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap_Ida Ayu Kurnia Dewi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka_Ida Ayu Kurnia Dewi.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (83kB)

Abstract

Electronic Medical Record (EMR) atau Rekam Medis Elektronik (RME) merupakan versi dari rekam medis kertas yang dibuat menjadi elektronik, yang memindahkan catatan-catatan atau formulir yang tadinya ditulis di atas kertas ke dalam bentuk elektronik. Dalam pemanfaataan RME tersebut tentunya terdapat peraturan-peraturan atau pedoman yang dapat dijadikan acuan bagi rumah sakit atau fasilitas pelayanan kesehatan lainnya, salah satu peraturan terbaru menenai RME adalah Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor 01.07/Menkes/1423/2022 Tentang Pedoman Variabel Dan Meta Data Pada Penyelenggaraan Rekam Medis Elektronik. Didalamnya dipaparkan bahwa peraturan tersebut wajib dijadikan acuan bagi fasilitas pelayanan kesehatan, tenaga kesehatan, penyelenggara sistem elektronik bidang kesehatan, dan pemangku kepentingan terkait dalam penyelenggaraan rekam medis elektronik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi ketidaksesuaian variabel meta data pada pengimplementasian rekam medis elektronik instalasi rawat inap berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor 01.07/Menkes/1423/2022. Hasil dari penelitian ini yaitu tabulasi ketidaksesuaian variabel meta data pada pengimplementasian rekam medis elektronik instalasi rawat inap berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor 01.07/Menkes/1423/2022. Dengan adanya tabulasi ini akan mempermudah instalasi SIMRS dalam memperbaharui dan memperbaiki RME yang sudah berjalan saat ini. Dari hasil penelitian ini peneliti menyarankan agar segera dilakukan pembaharuan dan perbaikan pada RME RSUP Prof dr. I.G.N.G Ngoerah Denpasar serta dilakukannya evaluasi secara rutin kepada RME RSUP Prof dr. I.G.N.G Ngoerah Denpasar agar tidak terjadi ketidaksesuain terhadap peraturan yang ada.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorWicaksono, Andri PermanaNIDN0005038702
Uncontrolled Keywords: FOCUS PDCA, Kepmenkes, Rekam Medis Elektronik, Tabulasi
Subjects: 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > 351 - Kesehatan Masyarakat
Divisions: Jurusan Kesehatan > Prodi D4 Manajemen Informasi Kesehatan > PKL
Depositing User: Dewi Ida Ayu Kurnia
Date Deposited: 19 Jan 2024 04:40
Last Modified: 19 Jan 2024 04:41
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/29639

Actions (login required)

View Item View Item