Proses Penyaluran Bantuan Bibit Durian Kepada Petani Melalui Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Jember

Cahyadi, Muhammad Zulfikar Kun (2024) Proses Penyaluran Bantuan Bibit Durian Kepada Petani Melalui Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Jember. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (RINGKASAN)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (87kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (100kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (27kB)
[img] Text (LAPORAN LENGKAP)
Muhammad Zulfikar Kun Cahyadi_D41222145_PAJ MID_Laporan Magang.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Politeknik Negeri Jember fokus pada pendidikan vokasional, memprioritaskan pengembangan keahlian sesuai kebutuhan Pertanian. Lulusan diharapkan bisa beradaptasi dengan perubahan lingkungan, yang dapat bersaing pada sektor pertanian, dan memiliki kemampuan berwirausaha, salah satunya yaitu melalui program magang. Pelaksanaan Magang di Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Jember, menghasilkan berbagai program kerja, salah satunya yaitu penyaluran bantuan bibit kepada petani. Adapun berbagai macam bantuan bibit yang di berikan kepada petani yaitu bibit mangga, bibit jeruk, bibit kelengkeng, bibit jambu, bibit blimbing, bibit melon, dan bibit durian. Metode penyaluran bantuan bibit yang baik sangat diperlukan agar penyaluran bantuan bibit dapat terlaksana dengan baik. Permasalahan yang dialami pada saat proses penyaluran bantuan bibit durian kepada petani yaitu ketidakseuaian jumlah bantuan bibit yang diterima oleh masing – masing petani. Hal tersebut disebabkan oleh Pengawasan dari pegawai / karyawan saat pelaksanaan kegiatan, ketelitian pegawai dalam menghitung jumlah bantuan bibit durian, dan metode penyerahan bantuan bibit durian. Oleh karena itu perlu dilakukan penanganan terkait proses penyaluran bantuan bibit dengan tepat dan efektif, agar dapat memberikan alternatif perbaikan dalam proses penyaluran bantuan bibit durian kepada petani melalui Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Jember Alternatif solusi yang di usulkan pada proses penyaluran bantuan bibit durian kepada petani melalui Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Jember adalah melibatkan lebih banyak karyawan / pegawai pada proses pengawasan dan menghitung bibit durian serta proses penyerahan bantuan bibit durian yang dilakukan secara bergilir (terjadwal).

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorIsmail, Andi MuhammadNIDN0002038903
Uncontrolled Keywords: Proses Penyaluran Bantuan Bibit Durian
Subjects: 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 571 - Manajemen
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D4 Manajemen Agroindustri > PKL
Depositing User: Muhammad Zulfikar Kun Cahyadi
Date Deposited: 19 Jan 2024 04:31
Last Modified: 19 Jan 2024 04:31
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/29633

Actions (login required)

View Item View Item