EVALUASI REKAM MEDIS ELEKTRONIK (RME) DITINJAU DARI KEPUASAN PENGGUNA DENGAN METODE EUCS (End-User Computing Satisfaction) DI RSUP Dr. KARIADI SEMARANG

Arika, Alya (2022) EVALUASI REKAM MEDIS ELEKTRONIK (RME) DITINJAU DARI KEPUASAN PENGGUNA DENGAN METODE EUCS (End-User Computing Satisfaction) DI RSUP Dr. KARIADI SEMARANG. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1_Alya arika.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (361kB)
[img] Text (ABSTRAK)
Ringkasan_Alya arika.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (305kB)
[img] Text (LAPORAN LENGKAP)
Laporan Lengkap_Alya arika.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka_Alya arika.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (410kB)

Abstract

RSUP Dr. Kariadi telah menerapkan pelayanan dengan menggunakan teknologi, pada awal rumah sakit menerapkan sistem terintegrasi seluruh pelayanan rumah sakit menggunakan Sistem Informasi Rumah Sakit (SIRUS) pada tahun 2000, kemudian pada tahun 2010 sistem dikembangkan dan disempurnakan dengan nama Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS), hingga pada tahun 2014 sistem kembali disempurnakan dan berganti nama menjadi Health Management Information System (HMIS) dimana pada tahun 2019 dimulai sistem baru RME yang dimasukkan ke dalam sistem KIS. Setelah RME di implementasikan belum dilakukan evaluasi sistem pada pengguna akhir (End-User) yang merupakan salah satu aspek penting untuk mewujudkan RME yang ideal. Sehingga, perlu dilakukannya evaluasi berdasarkan tingkat kepuasan pengguna. Berdasarkan hasil wawancara yang telah dilakukan dengan beberapa pengguna RME di unit rekam medis diketahui dari dimensi content (isi) bahwa beberapa hasil pemeriksaan penunjang belum terintegrasi dengan sistem RME, seperti pemeriksaan penunjang ECHO, CDC, dan Rehab Medik. Dimensi format (tampilan) menyebutkan bahwa tampilan view entry membuat mata lelah dikarenakan pemilihan warna maupun desain tampilannya, kemudian penulisan tanggal yang terbolak-balik. Dimensi Ease Of Use (kemudahan pengguna) ialah terdapat waktu jika mengakses rekam medis pasien dan pada saat waktunya habis petugas harus memasukkan username dan password pengguna. Dimensi Timeliness (ketepatan waktu) yaitu kecepatan respon data yang terkadang membutuhkan waktu loading yang lama. Berdasarkan permasalahan yang ada maka penulis tertarik mengambil judul tentang “Evaluasi RME ditinjau dari kepuasan pengguna dengan menggunakan metode EUCS di RSUP Dr. Kariadi”. Tujuan penelitian ini adalah Mengevaluasi RME ditinjau dari tingkat kepuasan pengguna menggunakan metode EUCS. Metode pengumpulan data yang dilakukan pembagian lembar kuesioner terkait 5 dimensi pada EUCS, observasi, wawancara yang tidak terstruktur, dan studi dokumentasi.Hasil dari penelitian ini yaitu tingkat kepuasan pengguna saat menggunakan RME ditinjau dari 5 dimensi yaitu Pada dimensi Content medapat kategori Baik, yang artinya pengguna merasa informasi yang diberikan sudah menghasilkan data / informasi sudah lengkap, relevansi dan berkualitas. Pada dimensi Accuracy memiliki kategori Baik, yang berarti pengguna merasa data sudah akurat dan informasi yang diberikan sudah sesuai. Pada dimensi Format memiliki kategori Baik, artinya Pengguna merasa tampilan antar muka (Interface) sudah menarik dan tidak melelahkan mata. Namun, pada hasil observasi menemukan bahwa font jenis pelayanan pada form cukup besar sehingga judul form tersebut menggubah ukuran sub menunya. Pada dimensi Ease Of Use memiliki kategori Baik, artinya pengguna merasa sistem yang digunakan user friendly. Namun, pada hasil wawancara dan observasi beberapa pengguna tidak dapat menelusuri beberapa menu dikarenakan keterbatasan hak akses dan terdapat timer sehingga bila timernya habis petugas harus memasukkan username dan password kembali. Pada dimensi Timeliness memiliki kategori Baik, artinya pengguna merasa waktu dalam mengakses RME cukup baik. Namun, hal itu berbeda dengan keluhan pengguna yang sering menyebutkan bahwa sistem RME seringkali lemot.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorWijayanti, Rossalina AdiNIDN0719028401
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, EUCS, Kepuasan Pengguna, RME
Subjects: 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > Sistem Informasi Kesehatan
Divisions: Jurusan Kesehatan > Prodi D4 Manajemen Informasi Kesehatan > HKI
Depositing User: Alya Arika
Date Deposited: 17 Jan 2024 03:42
Last Modified: 17 Jan 2024 03:42
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/29509

Actions (login required)

View Item View Item