PENERAPAN HYGIENE DAN SANITASI PADA PROSES PRODUKSI BAKSO IKAN ANEKA DI PT. INDO LAUTAN MAKMUR SIDOARJO

Maksillya, Nadya Metzaluna (2023) PENERAPAN HYGIENE DAN SANITASI PADA PROSES PRODUKSI BAKSO IKAN ANEKA DI PT. INDO LAUTAN MAKMUR SIDOARJO. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (RINGKASAN)
RINGKASAN (2).pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (9kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (131kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA (2).pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (192kB)
[img] Text (LAPORAN LENGKAP)
LAPORAN MAGANG PENERAPAN HYGIENE DAN SANITASI PADA PROSES PRODUKSI BAKSO IKAN ANEKA DI PT. INDO LAUTAN MAKMUR SIDOARJO NADYA METZALUNA MAKSILLYA_B41201111_.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

PT. Indo Lautan Makmur bergerak dalam bidang pengolahan ikan. Produk yang dihasilkan berupa olahan ikan seperti surimi, scallop, otak-otak, nugget, bakso ikan dan banyak lainya. Berbahan dasar ikan swangi yang memiliki daging berwarna putih sehingga dapat diolah menjadi berbagai macam produk seperti surimi. Pengemasan adalah penyimpanan makanan di dalam kemasan supaya makanan terjaga dan terhindari dari kontaminasi silang. Penerapan Hygiene dan Sanitasi di PT. Indo Lautan Makmur sangat terjaga kebersihan pada penyiapan bahan baku, ruang adonan, ruang produksi, ruang pengemasan, keamanan air, alat dan mesin, pekerja, dan produk akhir sangat terjaga kebersihannya. Penerapan Hygiene dan Sanitasi ini selalu terjaga saat sebelum dan sesudah produksi, alat dan mesin produksi selalu terjaga kebersihannya sebelum dan sesudah proses produksi. Proses pembuatan adonan bakso ikan aneka juga menggunakan bahan baku yang premium, pewarna alami yang terbuat dari ekstrak bayam dan ekstrak wortel pada bakso ikan, dan menggunakan surimi yang tidak lolos standar ekpor tetapi memiliki kualitas yang baik. Untuk menjaga kualitas produknya, produk surimi tersebut terlebih dahulu akan diuji di laboratorium sebelum diproduksi. Dalam proses produksi bakso ikan aneka ini sangat penting untuk dilaksanakan sesuai standar agar menghasilkan produk yang diinginkan dan memiliki kualitas yang baik serta meminimalisir terjadinya permasalahan saat kegiatan produksi berlangsung selalu menerapkan SOP. Proses produksi bakso ikan aneka meliputi beberapa proses persiapan bahan, persiapan bumbu, mixing adonan, pencetakan adonan, perebusan adonan, pendinginan, pembekuan, pengemasan, serta pengecekan serpihan Logam pada produk dan kemasan. Pada proses pengemasan PT. Indo Lautan Makmur menggunakan kemasan berbahan dasar plastik. Plastik pengemasan bakso ikan aneka ini selalu dijaga kebersihannya dan steril serta disimpan di tempat bersih, kering, bebas dari kontaminasi. Sebelum dilakukan pengemasan maka akan dilakukan proses sortir agar produk yang akan dikemas tidak terdapat produk cacat.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorWahyono, AgungNIDN0029127301
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 163 - Teknologi Pertanian
Divisions: Jurusan Teknologi Pertanian > Prodi D4 Teknologi Rekayasa Pangan > PKL
Depositing User: Nadya Metzaluna Maksillya
Date Deposited: 18 Jan 2024 03:19
Last Modified: 18 Jan 2024 03:21
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/29500

Actions (login required)

View Item View Item