ANALISIS EFEKTIVITAS GUDANG NON BAHAN BAKU MENGGUNAKAN SEVEN TOOLS DI PT. KELOLA AGRO MAKMUR (KAM), KABUPATEN TEMANGGUNG

Rabbani, Ahmad Yazid Wahyu (2023) ANALISIS EFEKTIVITAS GUDANG NON BAHAN BAKU MENGGUNAKAN SEVEN TOOLS DI PT. KELOLA AGRO MAKMUR (KAM), KABUPATEN TEMANGGUNG. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (301kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (313kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (307kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
FULL TEXT.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

PT. Kelola Agro Makmur (KAM) merupakan sebuah perusahaan yang secara khusus bergerak dalam bidang industri pengolahan produk sayuran beku. Produk-produk yang dihasilkan antara lain: Frozen Okra, Frozen Edamame, Frozen Mukimame, Frozen Green Bean. Tujuan pelaksanaan kegiatan Magang di PT. Kelola Agro Makmur adalah untuk mengetahui dan memahami kondisi perusahaan, fasilitas produksi, penerimaan bahan baku, proses produksi, pengawasan mutu, higiene sanitasi dan keamanan pangan. Selain itu juga utamanya untuk mengetahui dan memahami penanganan yang diterapkan pada tahapan proses bagian produk akhir di PT. Kelola Agro Makmur. Tujuan dari penelitian ini adalah Menganalisa dan menentukan faktor-faktor penyebab gudang yang belum efektif serta merancang tata letak penyimpanan barang berdasarkan frekuensi barang keluar pada Gudang non Bahan Baku PT. Kelola Agro Makmur. Metode yang digunakan dalam menganalisa efektivitas gudang non bahan baku PT. KAM yakni dengan menggunakan metode seven tools. Metode ini adalah alat bantu yang bermanfaat untuk memetakan lingkup persoalan, menyusun data dalam diagram-diagram agar lebih mudah untuk dipahami, menelusuri berbagai kemungkinan penyebab persoalan dan memperjelas kenyataan atau fenomena dalam suatu persoalan. Hasil penelitian menyatakan bahwa gudang non bahan baku PT. KAM belum efektif karena ditemukan bahwa Gudang non bahan baku overload pada bulan Agustus dimana jumlah stok karton pada bulan Agustus mencapai 66.114 pcs sedangkan kapasitas maksimum gudang menampung 60.800 pcs karton. Selain itu, faktor–faktor yang menyebabkan belum efektifnya gudang non bahan baku diantaranya karena tidak seimbangnya jumlah antara pre-order barang, barang masuk dengan barang keluar. Serta tata letak penyimpanan yang diterapkan masih secara acak yang mengakibatkan gudang belum tertata secara efektif.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorWahyono, AgungNIDN0029127301
Uncontrolled Keywords: efektivitas gudang, gudang non bahan baku, seven tools, kelola agro makmur.
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 163 - Teknologi Pertanian
Divisions: Jurusan Teknologi Pertanian > Prodi D4 Teknologi Rekayasa Pangan > PKL
Depositing User: Ahmad Yazid Wahyu Rabbani
Date Deposited: 17 Jan 2024 03:26
Last Modified: 17 Jan 2024 03:27
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/29498

Actions (login required)

View Item View Item