Evaluasi Syarat Dan Prosedur Pembukaan Isi Rekam Medis Elektronik Untuk Pendidikan Dan Penelitian Di Rumah Sakit Bethesda Yogyakarta

Yusak, Chanesya Edgis Kristina (2023) Evaluasi Syarat Dan Prosedur Pembukaan Isi Rekam Medis Elektronik Untuk Pendidikan Dan Penelitian Di Rumah Sakit Bethesda Yogyakarta. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (12kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
bab 1.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (93kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (10kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap non lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Evaluasi Syarat dan Prosedur Pembukaan Isi Rekam Medis Elektronik Untuk Pendidikan Dan Penelitian Di Rumah Sakit Bethesda Yogyakarta. Chanesya Edgis Kristina Yusak, NIM G41201931, Tahun 2023, 197 hlm, Jurusan Kesehatan, Program Studi Manajemen Informasi Kesehatan, Politeknik Negeri Jember, Andri Permana W, SST., MT (Pembimbing), Agung Dwi Saputro, S.KM., M.A.R.S. (Pembimbing CI). Proses pembukaan isi rekam medis elektronik untuk keperluan pendidikan dan penelitian di Rumah Sakit Bethesda masih ditemukan permasalahan beberapa diantaranya yakni petugas unit penelitian maupun petugas rekam medis tidak dapat melakukan pengawasan secara langsung, tidak adanya pembatasan hak akses pada sistem rekam medis elektronik dan juga belum adanya akun khusus untuk kepentingan pendidikan dan penelitian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi syarat dan prosedur pembukaan isi rekam medis elektronik untuk kepentingan pendidikan dan penelitian di Rumah Sakit Bethesda Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan sumber data berupa data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil evaluasi terhadap Syarat dalam pembukaan isi rekam medis di Rumah Sakit Bethesda Yogyakarta meliputi surat permohonan ijin penelitian yang ditunjukan kepada Direktur RS. Bethesda, Ethical Clearance (EC), dan proposal yang sudah disyahkan & disertai halaman pengesahan. Berdasarkan hal tersebut syarat dalam pembukaan isi rekam medis di unit penelitian instalasi rekam medis Rumah Sakit Bethesda Yogyakarta sudah sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2022 Tentang Rekam Medis Pasal 36 Ayat (3) bahwa pihak institusi yang berwenang menyampaikan permintaan pembukaan isi kepada pimpinan fasilitas pelayanan kesehatan. Hasil evaluasi terhadap prosedur pembukaan isi rekam medis untuk pendidikan dan penelitian di Instalasi Rekam Medis Rumah Sakit Bethesda Yogyakarta terdapat beberapa prosedur yang belum sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2022 Tentang Rekam Medis yaitu untuk pendidikan dan penelitian masih memerlukan persetujuan dari pasien, pemberian hak akses kepada peneliti, tidak adanya batasan jumlah rekam medis elektronik yang boleh dipinjam setiap harinya, dan tidak adanya pengawasan terhadap peminjaman rekam medis elektronik. Hasil evaluasi terhadap Standar Operasional Prosedur (SOP) Pengambilan Data Rekam Medis Elektronik Untuk Riset, diperlukan adanya penambahan isi khususnya mengenai pembatasan jumlah rekam medis elektronik yaitu sesuai dengan kebutuhan peneliti, pembatasan terhadap hak akses peminjam berupa melihat data saja (view only) dan di dalam SOP Pengambilan Data Rekam Medis Elektronik Untuk Riset masih belum tertuang prosedur tentang pemberian akun khusus untuk peneliti.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorWicaksono, Andri PermanaNIDN0005038702
Uncontrolled Keywords: pembukaan rekam medis
Subjects: 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > Sistem Informasi Kesehatan
Divisions: Jurusan Kesehatan > Prodi D4 Manajemen Informasi Kesehatan > PKL
Depositing User: Chanesya Edgis Kristina Yusak
Date Deposited: 19 Jan 2024 04:30
Last Modified: 19 Jan 2024 04:30
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/29496

Actions (login required)

View Item View Item